NasDem Usung Kakor Brimob di Pilgub Maluku, Rudi Erwan untuk Malut

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 29 Sep 2017 21:28 WIB
Untuk Pilgub Maluku 2018, NasDem memastikan akan mengusung Irjen Pol Murad Ismail. (Istimewa)
Jakarta - DPP Partai NasDem memberi rekomendasi untuk calon gubernur yang akan bertarung di Pilgub Maluku dan Maluku Utara (Malut) pada 2018. Dukungan diberikan setelah DPP NasDem melakukan pertemuan internal dan bertemu calon-calon gubernur yang akan diusung.

Untuk Pilgub Maluku 2018, NasDem memastikan akan mengusung Irjen Pol Murad Ismail. Keputusan ini diambil setelah Ketua Umum NasDem Surya Paloh, yang didampingi Tim Tujuh Bapilu NasDem, bertemu Murad di kantor DPP NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia Lama, Jakarta, pada Kamis (28/9). Murad harus mengundurkan diri dari Polri saat resmi mendaftar ke KPUD.
NasDem Usung Kakor Brimob di Pilgub Maluku, Rudi Erwan untuk MalutPertemuan Surya Paloh dengan Murad Ismail merupakan proses akhir sebelum mengeluarkan surat rekomendasi pilkada. (Istimewa)

"Ada beberapa pertimbangan mengapa NasDem mendukung Murad Ismail. Pertama, Partai NasDem dalam kontestasi pilkada selalu memajukan putra-putri terbaik. NasDem melihat rekam jejak Murad Ismail yang bisa diterima oleh semua kelompok masyarakat Maluku," ujar Sekretaris Bapilu sekaligus Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP NasDem, Willy Aditya, dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Jumat (29/9/2017).

"Untuk kondisi Maluku, hal tersebut sangatlah penting. Kedua, elektabilitas Murad Ismail yang terus menanjak," lanjutnya.

Willy mengatakan pertemuan Surya Paloh dengan Murad Ismail merupakan proses akhir sebelum mengeluarkan surat rekomendasi pilkada. Komandan Korps Brimob itu kini tinggal melakukan komunikasi ke partai lain untuk mencukupi jumlah kursi sebagai syarat pendaftaran ke KPUD. Di DPRD Provinsi Maluku, NasDem memiliki 4 kursi.

"Pada pertemuan itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh berharap Murad Ismail terpilih dan mampu menjadi gubernur bagi seluruh masyarakat Maluku yang sangat beragam. Pak Surya Paloh juga menyampaikan Maluku yang kaya akan sejarah, dan pernah bergolak diawal reformasi harus dijaga kondusivitasnya. Dan semoga di bawah kepemimpinan Murad Ismail bisa sejajar dengan provinsi maju lain," kata Willy.

NasDem Usung Rudi Erwan di Pilgub Maluku Utara

Partai NasDem juga memastikan mengusung Rudi Erwan sebagai calon Gubernur Maluku Utara. Rudi, yang juga Bupati Halmahera Timur, dipandang memiliki prestasi dan sangat disukai masyarakat.

"Rudi Erwan memiliki pengalaman dalam mengelola birokrasi sebab memulai jabatan politik dari wakil bupati, kemudian menjadi Bupati Haltim. Selain itu, Rudi Erwan memiliki visi dan keberanian untuk melakukan terobosan dalam membangun," sebut Willy.
NasDem juga memastikan mengusung Rudi Erwan sebagai Calon Gubernur Maluku UtaraNasDem memastikan mengusung Rudi Erwan sebagai calon Gubernur Maluku Utara. (Istimewa)

Willy mengatakan visi dan keberanian Rudi tersebut sesuai dengan Provinsi Maluku Utara, yang masuk Kawasan Ekonomi Khusus. Artinya, dibutuhkan akselerasi cepat dari kepala daerah. NasDem juga telah melakukan komunikasi politik secara intensif dengan seluruh kandidat gubernur yang mendaftar.

"NasDem sudah dua kali melakukan survei. Trennya Rudi Erwan mengalami kenaikan yang cukup baik. Jadi dengan menghitung waktu yang ada NasDem berpendapat, Rudi Erwan mampu memenangkan Pilkada Maluku Utara," imbuhnya.

"Kita akan meminta Rudi Erwan segera memenuhi syarat kursi untuk pendaftaran ke KPUD dan membuka komunikasi dengan partai politik lainnya. Selain itu, Rudi Erwan juga kita tugaskan mencari calon wakil yang bisa bekerja sama untuk menang dan selanjutnya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Maluku Utara," sambungnya. (nvl/elz)