DetikNews
Jumat 29 September 2017, 18:54 WIB

Jonru Tersangka Ujaran Kebencian, Teten: Memang Harus Ditertibkan

Ray Jordan - detikNews
Jonru Tersangka Ujaran Kebencian, Teten: Memang Harus Ditertibkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Jonru F Ginting ditetapkan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian oleh polisi. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menilai perbuatan ujaran kebencian memang harus ditertibkan.

"Ini memang harus terus ditertibkan, hate speach, hoax, info-info yang menyesatkan mengadu domba masyarakat, itu memang tugas pemerintah saya kira," ujar Teten di kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017).


Teten mengaku selalu mendengar keluhan agar pemerintah bersikap tegas terhadap pelaku ujaran kebencian ataupun informasi bohong yang dapat menyesatkan.

"Kami selalu mendengar banyak permintaan dari masyarakat supaya memang pemerintah tegas. Kalau dibiarkan, itu membahayakan. Hoax, info-info menyesatkan, info-info yang memutarbalikkan fakta, bohong, mengadu domba, itu kan menimbulkan keresahan di masyarakat. Itu tidak boleh didiamkan," katanya.

Teten juga menegaskan pemerintah memang harus bertindak tegas terhadap perilaku seperti itu. Untuk itu, masyarakat juga sudah diingatkan adanya UU ITE yang mengatur kegiatan di media sosial.

"Pemerintah harus mengatur itu. Karena itu memang kepada masyarakat memang sudah diingatkan UU ITE. Supaya memang kita tidak melakukan tindak pidana di dunia maya. Karena itu, ada hukumnya," katanya.

[Gambas:Video 20detik]




Kalau pemerintah tidak melakukan tindakan, kata Teten, itu artinya pemerintah tidak menjalankan penegakan hukum. Terkait dengan apa yang dijalani Jonru, Teten pun menegaskan bahwa itu bukan kesewenang-wenangan pemerintah.

"Nah kalau ini kan proses hukum, ini bukan kesewenang-wenangan. Artinya, hukum itu kan bisa diuji, diuji di pengadilan secara bertingkat. Ya jadi bukan tindakan yang sewenang-wenang," kata Teten.
(jor/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed