Bagikan KIP di Sumbar, Puan Pesan Manfaatkan Bantuan dengan Baik

ADVERTISEMENT

Bagikan KIP di Sumbar, Puan Pesan Manfaatkan Bantuan dengan Baik

Mega Putra Ratya - detikNews
Kamis, 28 Sep 2017 09:48 WIB
Foto: dok. Kemenko PMK
Tanah Datar - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Alek Anak Nagari Sabu, Tanah Datar, Sumatera Barat.

KIP dan PKH dibagikan kepada siswa SD dan SMP, sedangkan PKH diberikan kepada 6.484 keluarga. Puan juga memberikan bantuan kepada empat kelompok randai dengan total bantuan masing-masing Rp 5 juta.

"Uang bantuan ini harus digunakan sebaik-baiknya, saat kenaikan kelas, digunakan untuk beli seragam, sepatu, tas, dan beli buku-buku", jelas Puan dalam keterangan tertulis Kemenko PMK, Kamis (28/9/2017).

Puan menjelaskan jumlah penerima KIP adalah sebanyak 22.451 orang dan sudah terdistribusi sebanyak 6.556. PKH telah dibagikan kepada 6.484 keluarga.

Kepada masyarakat penerima PKH, Puan juga berpesan agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah digunakan untuk hal semestinya. Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat harus makan makanan yang sehat, seperti ikan.

Puan didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit; Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi; dan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Hadir pula dalam acara ini para anggota DPR RI, perwakilan dari pemerintah pusat dan daerah, seluruh ninik mamak, dan alim ulama.

Pererat Persaudaraan dan Manjalang Induak Bako

Puan juga berkunjung ke Rumah Gadang Datuak Kayo di Batipuh. Puan berharap kunjungannya ke ranah Minang ini dapat mempererat persaudaraan dan manjalang Induak Bako.

Sebelum memasuki rumah gadang, kepada Menko PMK dipasangkan selendang songket atau sulaman, selanjutnya diundang mencicipi makan bajamba oleh Datuak Kayo dan keluarganya.

Makan bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, dengan cara duduk bersama-sama dalam satu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.
 Bagikan KIP di Sumbar, Puan Pesan Manfaatkan Bantuan dengan BaikFoto: Dok Kemenko PMK

Dalam perbincangan jamuan makan, Puan mengungkapkan, baginya bumi Sumatera Barat bukanlah suatu hal yang asing. Almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas memiliki keturunan warga Sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu, sehingga bergelar Datuk Basa Batuah.

Sedangkan Ibu Megawati diberi gelar Puti Reno Nilam, yang dikukuhkan pada 2003.

"Sehingga datang ke Ranah Minang bagi kami adalah pulang ke kampung halaman," tutur Puan.

Setelah jamuan makan, Puan menyalurkan sejumlah bantuan berupa uang Rp 10 juta untuk Rumah Gadang Datuk Basabatuah. Juga bantuan uang Rp 25 juta untuk Masjid Al-Azhar, yang terletak di sekitar Rumah Gadang Datuak Kayo. (ega/nwy)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT