PDIP Apresiasi Gelar Doktor Kehormatan yang Diberikan ke Megawati

- detikNews
Rabu, 27 Sep 2017 10:26 WIB
Megawati Soekarnoputri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Megawati Soekarnoputri bakal menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa (H.C) dari Universitas Negeri Padang (UNP). PDIP menjelaskan, gelar tersebut atas pengakuan universitas terhadap jasa Megawati mempelopori UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"Menunjukkan pengakuan Universitas atas peran dan jasa Megawati dalam mempelopori UU Sistem Pendidikan Nasional. UU Sisdiknas tidak hanya dimaknakan sebagai proses demokratisasi dalam dunia pendidikan," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/9/2017).

UU ini diterbitkan di era kepemimpinan Megawati sebagai Presiden RI. Hasto turut menyanjung perjuangan Ketum PDIP ini, terutama saat peristiwa Kudatuli (Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli) 1996.

"Konsistensi Ibu Megawati untuk lebih memilih jalur hukum ketika terjadi serangan kantor Partai pada tanggal 27 Juli 1996, juga merupakan hasil proses pendikan berkarakter" tutur Hasto.

Rencananya, Megawati akan menerima gelar doktor H.C siang ini. Ini merupakan gelar H.C ke-5 yang diterima Megawati. Sebelumnya, ia pernah mendapatkan gelar H.C di Moskow, Korea Selatan, Jepang dan Universitas Padjadjaran.


Acara ini akan dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum Ham Yasonna Laoly, hingga Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Acara ini juga disaksikan juga oleh keluarga dan mahasiswa dari UNP. (dkp/nvl)