DetikNews
Selasa 26 September 2017, 23:04 WIB

Kasus First Travel, Artis Syahrini Diperiksa Bareskrim Besok

Audrey Santoso - detikNews
Kasus First Travel, Artis Syahrini Diperiksa Bareskrim Besok Syahrini (Palevi S/detikHOT)
Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan artis Syahrini dalam perkara dugaan penipuan perjalanan umrah First Travel. Syahrini diperiksa sebagai saksi untuk tersangka bos First Travel.

"Besok Syahrini sekitar jam 11.00 WIB, akan hadir memenuhi panggilan untuk diperiksa saksi kasus FT (First Travel)," kata Kabag Penerangan Umum (Penum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, Selasa (26/9/2017).

Dalam perkara First Travel, menurut Martinus, penyidik Bareskrim juga sudah memeriksa seorang saksi bernama Chindy Andini. Chindy merupakan mantan Kepala Cabang First Travel Sidoarjo.

"Pemeriksaan saksi Chindy Andini, Kacab FT Sidoarjo, untuk dapatkan data jumlah jemaah yang sudah berangkat berapa dan yang belum berangkat berapa," terang Martinus.

Dalam pemeriksaan tersebut, polisi juga menanyakan sejumlah paket perjalanan yang menjadi produk First Travel. "Paket carter pesawat dan paket Ramadan serta paket Milad," papar Martinus.

Dalam kasus ini, penyidik Bareskrim menetapkan tiga tersangka, yakni pasangan suami-istri Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, serta adik Anniesa, Kiki Hasibuan.

Penyidik menyita 8 perusahaan, 5 mobil, termasuk 13 rekening bank. Dalam perkara ini, PPATK menelusuri transaksi aliran dana dan ditemukan duit total Rp 7 miliar dalam 51 rekening. Ada juga transaksi aliran dana ke luar negeri yang terlacak.

Ketiga tersangka juga pernah dikonfrontasi dengan karyawan. Konfrontasi dilakukan penyidik Bareskrim terkait pembayaran dan mekanisme keberangkatan perjalanan umrah.

Tim penyidik, menurut pengacara First Travel, Deski, Rabu (20/9), menanyakan prosedur mulai pendaftaran calon jemaah umrah, pembayaran, hingga pengurusan keberangkatan. Ditanyakan juga mengenai ada-tidaknya prioritas keberangkatan calon jemaah umrah.
(aud/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed