DetikNews
Selasa 26 September 2017, 16:56 WIB

Tembok Berlin Dipasang di Kalijodo, Djarot: RPTRA akan Semakin Indah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tembok Berlin Dipasang di Kalijodo, Djarot: RPTRA akan Semakin Indah Gubernur DKI Djarot S Hidayat menyaksikan pemasangan Tembok Berlin di RPTRA Kalijodo. (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyambut kedatangan empat potongan Tembok Berlin dan 14 'Patung Menembus Batas' di RPTRA Kalijodo. Djarot ikut menyaksikan pemasangan tembok tersebut.

Pemasangan Tembok Berlin dilakukan di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, Selasa (26/9/2017). Djarot datang disambut oleh Dubes Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-Sternberg; Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad; serta Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin serta seniman pembuat patung Tembok Berlin, Teguh Ostenrik.

Gubernur DKI Djarot S Hidayat menyaksikan pemasangan Tembok Berlin di RPTRA Kalijodo.Gubernur DKI Djarot S Hidayat menyaksikan pemasangan Tembok Berlin di RPTRA Kalijodo. (Fida/detikcom)

Djarot mengapresiasi pemasangan Tembok Berlin di lokasi tersebut. Menurutnya, Tembok Berlin merupakan simbol untuk mempersatukan warga.

"Ini bisa dibilang aplikasi dari ideologi Pancasila. Meskipun kita berbeda, kita harus mengutamakan persatuan," jelas Djarot.

"Jadi ini tembok yang bisa menahan gempuran tank dan senjata, tapi akhirnya roboh karena tangan-tangan manusia yang ingin bersatu. Jadi ini juga ada patung bajanya simbol itu," sambungnya.

Gubernur DKI Djarot S Hidayat bersama Dubes Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-SternbergGubernur DKI Djarot S Hidayat bersama Dubes Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-Sternberg (Fida/detikcom)

Djarot menjelaskan pemasangan Tembok Berlin di RPTRA Kalijodo merupakan sebuah kebetulan karena bertemu seniman Teguh Ostenrik. Ia mengapresiasi sumbangan patung dan Tembok Berlin untuk memperindah bekas lokalisasi Kalijodo itu.



"Ini dulu kan tempat maksiat, jadi saya apresiasi adanya Tembok Berlin. Ini akan membuat suasana Kalijodo semakin indah," ujarnya.

Sementara itu, Dubes Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-Sternberg menyebut Tembok Berlin sebagai simbol menyatukan warga. Ia juga mengatakan Tembok Berlin di Kalijodo merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

"Tembok Berlin merupakan simbol persatuan warga. Tanpa melihat suku, ras, dan agama apa yang dianut. Saya pikir ini satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Mungkin di negara lain ada, tapi di Asia Tenggara hanya di sini," terangnya.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed