DetikNews
Senin 25 September 2017, 20:37 WIB

Jokowi Ingin Ada Remake Film G30S/PKI, PKS: Asal Jangan Ubah Fakta

Akhmad Mustaqim - detikNews
Jokowi Ingin Ada Remake Film G30S/PKI, PKS: Asal Jangan Ubah Fakta Sukamta (Akhmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta - PKS meminta seluruh kadernya nonton bareng film G30S/PKI. Anggota Komisi I Fraksi PKS Sukamta mengatakan PKS memilih film karya Arifin C Noer itu sebagai film yang akan ditonton.

"Yang ada kan filmnya itu. Fraksi PKS sepakat sekali, bahkan sudah instruksikan nobar fraksi seluruh Indonesia," kata Sukamta di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2017).

Dia tidak mempermasalahkan jika ada sejumlah pihak yang akan menonton film versi lain, seperti 'The Act of Killing' atau 'Jagal'. Menurutnya, reputasi film karya Arifin C Noer itu sudah bagus.

"Ini kan film yang dibuat oleh budayawan yang reputasinya bagus, pelakunya ada, saksinya juga ada, saya kira film ini dibuat dengan fakta-fakta yang valid, tidak gegabah," ucap Sukamta.


"Bahwa akan ada orang yang mau putar versi lain silakan saja. kalau Fraksi PKS mau putar versi itu ya terserah kita kan," imbuhnya.

Sementara itu, Sukamta juga tidak mempermasalahkan soal saran Presiden Joko Widodo yang ingin agar film PKI dibuat versi terbaru. Menurutnya, wacana remake film tersebut cukup bagus asalkan tidak mengubah fakta yang ada.

"Ya membuat film baru bagus, tapi jangan mengubah fakta yang ada, kita saling menghormati ajalah. yang kayak begini jangan dibuat tegang. Kalau tegang nanti kita malah berkelahi soal versi film," tutur Sukamta.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed