DetikNews
Senin 25 September 2017, 19:14 WIB

BNPB: Presiden Jokowi akan Kunjungi Pengungsi Gunung Agung Besok

Seysha Desnikia - detikNews
BNPB: Presiden Jokowi akan Kunjungi Pengungsi Gunung Agung Besok Foto: Presiden Jokowi saat membacakan puisi karya mahasiswa RI di Singapura. (Biro Setpres)
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Presiden Joko Widodo akan menyambangi para pengungsi Gunung Agung, Bali besok Selasa (26/9). Jokowi akan mengunjungi beberapa titik pengungsi.

"Besok ada rencana Presiden Jokowi akan berkunjung ke Bali dan akan mengunjungi beberapa titik pengungsian," ujar Kepala Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (25/9/2017).

Sutopo mengatakan, Gunung Agung saat ini memasuki fase kritis. Dalam skala pengamatan dan instrumentasi, ada proses magma yang mendorong ke permukaan tetapi tersumbat oleh material-material batu. Dorongan magma itu mengakibatkan runtuhan bebatuan dan timbul gempa.

"Ada gempa vulkanik dalam. Kedalamannya 10-20 km ada gempa dangkal. Saat ini posisinya sekitar kurang dari 5-3 km dari kawah. Jadi meskipun dalam status awas, belum tentu dia akan meletus. Tergantung energi yang didorongkan," ucapnya.

Sutopo menuturkan belum semua warga mengungsi ke zona aman. Dari total 62.000 jiwa yang berada di zona berbahaya, baru 48.540 jiwa yang mau mengungsi.

Ribuan warga itu tidak mau dievakuasi karena beralasan gunung belum meletus, ternak, hingga kepercayaan adat dan agama. Petugas terkait masih berupaya membujuk mereka.

Hingga saat ini sudah ada 48.540 jiwa yang mengungsi. "Namun data masih dapat bertambah. Ketika malam, mereka (pengungsi) beberapa kadang suka balik ke tempat asal mereka untuk memberi makan ternak dan ck ladang pertanian," ujarnya.
(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed