DetikNews
Senin 25 September 2017, 10:53 WIB

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPR

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPR Akad nikah putra Zulkifli Hasan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan baru saja menikahkan putranya, Ray Zulham Farras Nugraha, dengan Milka Anisya Norosiya. Hampir semua tokoh nasional hadir dalam hajatan yang berlangsung Minggu kemarin itu.

Prosesi pernikahan diawali dengan akad nikah pada pagi hari Minggu (24/9/2017) di ballroom Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua DPD yang juga Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan pimpinan ponpes Tebuireng Salahuddin Wahid (Gus Sholah) jadi saksi momen sakral tersebut.

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPRPresiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana (Bagus/detikcom)

Zulkifli memang berasal dari kalangan Muhammadiyah, tetapi dia mengundang Gus Sholah, yang merupakan tokoh NU, untuk jadi saksi nikah putranya. Prosesi akad nikah pun berlangsung khidmat.

Acara kemudian dilanjutkan malam harinya untuk prosesi resepsi. Pada pukul 18.55 WIB, mantan Ketum PAN Hatta Rajasa tiba di lokasi dan langsung menuju ballroom yang terletak di lantai 11.

Hatta menunggu di sebuah ruangan karena acara belum dimulai. Zulkifli menyambutnya terlebih dahulu di tengah kesibukan persiapan acara.

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPRPrabowo Subianto bersama Hidayat Nur Wahid dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian berfoto bersama kedua mempelai. (Kanavino/detikcom)

Pada saat resepsi, acara berlangsung dengan adat Lampung, daerah asal Zulkifli. Para politikus PAN berbaris menjadi among tamu sebelum pintu masuk memakai aksen busana adat Lampung. Selain itu, ada sejumlah sekretaris jenderal parpol lain yang ikut mengenakan aksen busana adat Lampung.

Prosesi dimulai pukul 19.00 WIB, Zulkifli beserta istri dan besannya bersiap masuk ruangan diiringi pasukan pembawa payung. Sebelum masuk ruangan, Zulkifli memanggil Sekjen PAN Eddy Suparno dan membisikinya. Agaknya dia mempercayakan penyambutan tamu kepada Eddy.

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPRBJ Habibie berfoto bersama kedua mempelai. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)

Setelah Zulkifli masuk, giliran kedua mempelai yang masuk diiringi pembawa tombak artifisial. Kedua mempelai diarak dengan tandu.

Tak lama kemudian Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi. Mereka disambut para among tamu, tak ketinggalan musisi sekaligus politikus PAN Anang Hermansyah beserta istrinya, Ashanty, dan putrinya, Arsy. Si kecil Arsy sempat meminta sepeda ke Jokowi, yang membuat langkah Presiden dan Ibu Negara terhenti sejenak.

Jokowi dan Iriana berada di lokasi sekitar 15 menit dan sempat menyaksikan tarian adat yang juga diikuti mempelai wanita. Setelah Jokowi meninggalkan lokasi, giliran Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais yang tiba. Bersamaan dengan Amien yang keluar dari lift, Menko Polhukam Wiranto turun dari lift bersama mantan Wapres RI Try Sutrisno.

Menyusul kemudian Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang baru masuk lobi hotel. Dia tak berbarengan dengan tokoh nasional lain saat menuju lift.

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPRPara sekjen berbagai parpol (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)

Prabowo bahkan bersebelahan dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat sesi foto bersama. Di deretan itu juga ada politikus PKS Hidayat Nur Wahid yang juga Wakil Ketua MPR.

Tidak lama setelah itu, sebuah mobil Toyota Vellfire hitam berhenti di lobi. Dari mobil itu turun presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya, Ani Yudhoyono. Menyusul di mobil belakangnya adalah putra kedua mereka, Edhie Baskoro Yudhoyono, beserta istri.

Ketika akan pulang, Edhie Baskoro berbincang hangat dengan Ketum Hanura yang juga Ketua DPD OSO. Keduanya akrab berbincang sampai mobil OSO datang menjemput.

Perjumpaan Semua Tokoh Tanpa Sekat Politik di Hajatan Ketua MPRAgus Harimurti Yudhoyono dan istri serta Edhie Baskoro Yudhoyono bersama kedua mempelai (Kanavino/detikcom)

Bergantian kemudian Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang hadir berbarengan dengan Seskab Pramono Anung. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Djarot, yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama, adalah petahana yang kalah dalam Pilgub DKI lalu. Meski PAN bukan partai pendukung mereka, Djarot tetap hadir pada hajatan Zulkifli Hasan.

Terlihat tak ada sekat politik dalam acara kemarin itu. Suasana hangat dan cair selama prosesi acara. Andai suasana seperti ini tak sebatas di hajatan Ketua MPR.
(bpn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed