DetikNews
Minggu 24 September 2017, 19:32 WIB

Gunung Agung 'Awas', Kedubes Inggris Keluarkan Travel Advice

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Gunung Agung Awas, Kedubes Inggris Keluarkan Travel Advice Foto: AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA
Jakarta - Kedutaan Besar Inggris di Indonesia telah mengeluarkan travel advice atau saran perjalanan. Ini terkait Gunung Agung yang kini berstatus awas.

Peringatan tersebut dikeluarkan sejak kemarin (23/9) di akun Twitter @UKinIndonesia. Dalam kicauan itu disebut tentang saran perjalanan terbaru agar menjauh dari zona eksklusi yaitu 9-12 km dari kawah Gunung Agung.

"Travel Advice update on #Agung eruption: https://www.gov.uk/foreign-travel-advice/indonesia …. Stay outside the exclusion zone (9-12 km) from the crater. #UKinIndonesia," tulis akun @UKinIndonesia Sabtu (23/9/2017).

Dari kicauan tersebut juga terdapat tautan yang menerangkan status Gunung Agung yang berlokasi di timur laut Bali berada di level 4 atau awas. Diterangkan, erupsi dan debu vulkanik berpotensi menyebabkan gangguan penerbangan sehingga perlu memastikan jadwal sebelum bepergian ke bandara.



Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut aktivitas Gunung Agung terus mengalami peningkatan. Aktivitas gunung disebut berpotensi pada letusan.

"PVMBG melihat tanda-tanda aktivitas gunungapi yang terekam secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus," ucap Kasbani melalui keterangannya, Minggu (24/9).

Namun, PVMBG belum bisa memastikan kapan letusan itu akan terjadi. PVMBG akan terus memantau aktivitas gunung itu. Selain itu, koordinasi dengan pemerintah setempat juga dilakukan untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi.
(nif/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed