DetikNews
Minggu 24 September 2017, 18:33 WIB

PVMBG: Aktivitas Gunung Agung Meningkat dan Berpotensi Meletus

Dhani Irawan - detikNews
PVMBG: Aktivitas Gunung Agung Meningkat dan Berpotensi Meletus Foto: Gunung Agung dipotret dari Kabupaten Karang Asem/REUTERS/Darren Whiteside
Jakarta - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menyebut aktivitas Gunung Agung terus mengalami peningkatan. Dia menyebut aktivitas gunung itu berpotensi pada letusan.

"PVMBG melihat tanda-tanda aktivitas gunungapi yang terekam secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus," ucap Kasbani melalui keterangannya, Minggu (24/9/2017).



Namun, kapan letusan itu akan terjadi, PVMBG belum bisa memastikannya. "Namun demikian, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia, belum ada yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi," sambungnya.

Kasbani menyebut PVMBG akan terus memantau aktivitas gunung itu. Selain itu, koordinasi dengan pemerintah setempat juga dilakukan untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi.

"PVMBG terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pemda dan instansi terkait untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi," ucapnya.



(dhn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed