DetikNews
Minggu 24 September 2017, 18:00 WIB

Wiranto Soal Remake Film G30S: Agar Mudah Dipahami Generasi Milenial

Denita BR Matondang - detikNews
Wiranto Soal Remake Film G30S: Agar Mudah Dipahami Generasi Milenial Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan wacana Presiden Joko Widodo untuk memproduksi ulang Film G30S/PKI sebagai langkah yang rasional. Sejarah masa lalu harus dipahami generasi zaman sekarang (millenial) dengan suasana kekinian.

"Anjuran Presiden untuk mempelajari sejarah kebangsaan dengan menyesuaikan cara penyajian agar mudah dipahami generasi millenial, ini sesuatu yang sangat rasional," ujar Wiranto dalam konfrensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2017).



Wiranto mengatakan teknologi telah banyak berubah seiring perkembangan zaman. Teknologi juga banyak merubah perilaku generasi muda.

"Kalau ada penyajiannya (sesuai dengan generasi muda) tentu sangat bermanfaat bagi generasi penerus. Ini untuk memahami masa lalu," katanya.

Wiranto memandang ajakan dan anjuran untuk menonton film G30S/PKI tidak perlu dipolemikkan. Hal ini karena film tersebut telah menjadi fakta sejarah dari Bangsa Indonesia.

"Menonton film sejarah memang perlu bagi generasi penerusnya untuk bisa mengikuti poin sejarah. Kita tidak mungkin memutar jarum jam untuk mengubah (sejarah) itu lagi," cetus Wiranto.
(nvl/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed