DetikNews
Minggu 24 September 2017, 17:25 WIB

Pilgub Jatim

Survei Alvara: Azwar Anas Paling Potensial Jadi Cawagub

Rois Jajeli - detikNews
Survei Alvara: Azwar Anas Paling Potensial Jadi Cawagub Azwar Anas/Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), tokoh yang mendapatkan suara terbanyak di survei Alvara research center, sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Kami juga memetakan kadindat potensial yang dinilai tepat menjadi calon wakil gubernur. Nama Abdullah Azwar Anas berada di posisi teratas dengan angka 41,7 persen," kata Direktur Alvara Research Center Hasanuddin Ali kepada wartawan di Surabaya, Minggu (24/9/2017).

Sedangkan Budi 'Kanang' Sulistyono (Bupati Ngawi) menempati urutan kedua dengan suara 13 persen. Hasan Aminuddin (DPR RI fraksi NasDem dan mantan Bupati Probolinggo 2 periode) mendapatkan 10,8 persen. La Nyalla M Mattalitti (Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur) mendapatkan 9,7 persen. Sedangkan nama lainnya, angkanya dibawah dari tokoh-tokoh tersebut.

"Survei ini menghasilkan temuan bahwa, masyarakat memang cenderung langsung terkluster bahwa figur calon gubernur hanya ada tiga yakni, Gus Ipul, Khofifah, Risma. Jadi, nama potensial diluar ketiga tokoh ini, otomatis terkluster di posisi cawagub," tuturnya.

Hasanuddin menambahkan, jika Anas disandingkan dengan cagub Gus Ipul, Khofifah atau Risma, maka tingkat persetujuan pemilih berkisar 58-62 persen

Sedangkan Hasan Aminuddin jika disandingkan dengan ketiga tokoh cagub tersebut, mendapatkan persetujuan pemilih berkisar 35-39 persen. Sementara Budi 'Kanang', mendapatkan persetujuan pemilih hanya berkisar 22-25 persen.

"Sebagai cawagub, nama Anas mendapatkan paling banyak persetujuan dari pemilih jika dibandingkan dengan ketiga tokoh calon gubernur Gus Ipul, Khofifah atau Risma," tuturnya.

Ia menegaskan, meski nama-nama calon gubernur dan calon wakil gubernur sudah mengerucut, segala sesuatu masih memungkinkan terjadi perubahan, karena coblosan Pilgub Jatim masih sekitar sembulan lagi atau Juni 2018.

"Tokoh yang sudah eksis maupun yang ingin menggrebak konfigurasi politik di Jawa Timur yang sudah mapan selama ini, harus bekerja keras menerapkan strategi komunikasi publik, pemasaran gagasan, pemetaan lapangan yang terukur. Jadi, pertarungan Pilgub Jatim masih menarik," tandasnya.

Alvara Research Center menggelar survei pada minggu ketiga dan keempat Agustus 2017, dengan menggunakan metode multistage random sampling. Responden yang disurvei sebanyak 1.200 orang yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten dan kota di Jatim. Survei ini mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,8 persen.
(roi/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed