DetikNews
Minggu 24 September 2017, 15:41 WIB

Gubernur Bali: Turis Jangan Dekat-dekat Gunung Agung Dulu

Prins David Saut - detikNews
Gubernur Bali: Turis Jangan Dekat-dekat Gunung Agung Dulu Gubernur Bali (kiri)/Foto: Prins David Saut/detikcom
Klungkung - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan denyut pariwisata masih berdetak kencang walau hanya di selatan. Walau demikian, Pastika mengimbau turis, terutama turis asing, untuk tidak mendekati area Gunung Agung.

"Jangan dekat-dekat dululah. Kita lagi sibuk mengurus pengungsi. Jangan lagi ditambahkan, kalau kenapa-kenapa siapa yang mengurus?" kata Pastika di GOR Swacepura, Klungkung, Bali, Minggu (24/9/2017).



Turis, baik domestik atau mancanegara, yang nekat mendekati radius 12 Km dari kawah Gunung Agung, maka akan diambil tindakan tegas. Walau demikian, beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Agung memang sudah ditutup seperti Pura Besakih.

"Kalau ngotot-ngotot, ya biarkan saja diurus petugas, diamankan terus disuruh keluar," ujar Pastika.

Sementara, Pastika menyatakan proses evakuasi masih terus dilakukan oleh petugas. Hal ini karena ada warga yang ingin mengungsi ketika Gunung Agung meletus, dan adanya benda-benda suci umat Hindu-Bali di pura-pura yang tidak mudah untuk memindahkannya.

"Pekerjaan paling sulit adalah evakuasi orang. Suruh orang mengungsi itu tidak gampang apalagi di Bali ada pura. Sekarang persoalan Ida Batara Lingsir di Besakih itu mau dibawa ke mana? Ini persoalan di Bali," ucap Pastika.



(vid/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed