DetikNews
Minggu 24 September 2017, 15:13 WIB

Cerita Peternak Kambing ke Jokowi soal 'Uang Bensin'

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Cerita Peternak Kambing ke Jokowi soal Uang Bensin Presiden Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat potensi bisnis dari beternak hewan. Bertemu langsung dengan para peternak, Jokowi pun menyampaikan berbagai rasa penasarannya.

Jokowi pun bertanya soal hitung-hitungan keuntungan beternak kambing dengan simulasi 100 ekor kambing. Jokowi sendiri memelihara 11 domba.

"Satu tahun itu anaknya 200, Pak. Jadi anaknya itu kalau kita jual rata-rata Rp 1 juta berarti kita punya Rp 200 juta setahun, dipotong biaya operasional, gaji operator, biaya pakan, sisa paling Rp 120 jutaan, Pak," kata seorang peternak kambing asal Purworejo, Sugiharto, menjawab pertanyaan Jokowi dalam acara Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Jokowi tersenyum mendengar penjelasan itu. Kemudian Jokowi bertanya tentang bagaimana jika sejumlah ternak ada yang sakit.

"(Kalau) saya punya 100 kalau sakit kan rugi," kata Jokowi.

"Pemilik bibit harus sudah lolos uji lab veteriner, kemudian saya juga didampingi oleh dokter hewan dari Kabupaten Purworejo," jawab Sugiharto.

Jokowi mengangguk-angguk kemudian. Dia lalu menegaskan kalau ada fungsi Dinas Peternakan setempat dalam hal pendampingan ke peternak.

"Jadi itu fungsinya Dinas Peternakan ya," kata Jokowi.

Sugiharto menambahkan lagi kalau dinas terkait juga memberi pendampingan psikologis. Bahkan jika ada ternak yang sakit pun disuntik.

"Sekali suntik bayar berapa?" tanya Jokowi.

"Kadang gratis, Pak, hanya mengganti bensin saja," jawab Sugiharto.

"Bener hanya ganti bensin?" balas Jokowi yang kemudian membuat para hadirin tertawa.

Sugiharto sempat tersenyum sebelum menjawab pertanyaan Jokowi. "Saya dari rumah saya, sekitar 20 kilometer (ke kantor petugas itu) kadang-kadang kita cuma kasih Rp 50.000," tutur dia.

"Oh, untuk beli bensin ya, bagus," ucap Jokowi.

Sebelum mempersilakan kembali ke tempat duduknya, Jokowi sempat berjanji akan mampir ke peternakan Sugiharto. Namun syaratnya bila Sugiharto sudah punya 500 kambing.


(bpn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed