DetikNews
Minggu 24 September 2017, 13:03 WIB

Selain Badak, Ujung Kulon Jadi Habitat Berbagai Jenis Penyu

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selain Badak, Ujung Kulon Jadi Habitat Berbagai Jenis Penyu Foto: Bahtiar Rivai
Jakarta - Selain konservasi satwa langka badak Jawa, Balai Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki tempat penetasan dan konservasi penyu. Unit monitoring penyu dilakukan di pantai Karangranjang bagian selatan pantai Ujung Kulon.

Saat musim bertelur, bagian selatan Ujung Kulon pantai Karangranjang dan bagian barat di Cirame menjadi habitat penyu hijau, penyu belimbing dan jenis penyu sisik. Meskipun pendataan jumlah belum dilakukan, setiap musim bertelur, lokasi tersebut menjadi favorit penyu.

Pada Sabtu (16/9) lalu, sebanyak 17 anak penyu (tukik) jenis penyu hijau dan sisik dilahirkan di pantai Karangranjang. Dalam rangka Hari Badak Sedunia dan upaya konservasi satwa di Ujung Kulon, 17 tukik dilepasliarkan di pantai Cidaon.

"Ini adalah membuktikan bahwa konservasi penyu ini dilakukan di Ujung Kulon. Bukan hanya banteng dan badak," kata Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat, Pandeglang, Minggu (24/9/2017).

Mamat menceritakan Ujung Kulon menjadi habitat populasi berbagai jenis hewan liar. Karena itu, ratusan telur penyu kadang menjadi makanan satwa di sekitarnya.

Selain gangguan pencurian, predator babi hutan, biawak dan semut merah kadang menjadi ancaman kelahiran penyu. Hal itulah yang menjadi alasan satuan Turtle Monitoring Unit dibentuk oleh balai taman nasional.

"Penyu bisa bermigrasi bahkan lintas negara, tapi secara teori ketika dilepaskan di sini, penyu akan kembali bertelur di Ujung Kulon," katanya.

Selain itu, pengelolaan dan konservasi populasi hewan khususnya badak Jawa di Ujung Kolon tahun ini mengalami peningkatan. Jumlah minimal badak yang terdata oleh pihak balai tercatat 67 individu. Sepanjang 2016 lalu juga ditemukan 4 anak badak yang lahir bernama Prabu, Manggala, Mayang, dan Irna.
(bri/knv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed