DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 21:27 WIB

Kondisi Novanto Masih Sakit, KPK: Proses Penyidikan Jalan Terus

Hary Lukita Wardani - detikNews
Kondisi Novanto Masih Sakit, KPK: Proses Penyidikan Jalan Terus Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - KPK menyatakan kondisi kesehatan Ketua DPR RI Setya Novanto yang sakit tidak menghalangi penyidikan. Proses penyidikan Novanto akan terus berjalan.

"Proses penyidikan berjalan terus, kita cukup banyak memeriksa saksi-saksi baru ya sampai dengan hari Jumat (22/9) kemarin sekitar 116 saksi sudah kita priksa dalam kasus ini," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2017).

Febri mengatakan dalam beberapa waktu ke belakang masuk dalam proses pembuktian atau penguatan bukti transaksi keuangan. Nanti hal tersebut akan dibacakan dalam proses praperadilan.

"Akhir-akhir ini kita mulai masuk pada proses pembuktian atau penguatan bukti transaksi keuangan dan aliran dana yang diduga terkait proyek e-KTP ataupun terkait dengan tersangka," ucapnya.

Febri menerangkan ada hubungan yang jelas antara Novanto dengan beberapa perusahaan. Sehingga saat ini KPK sedang fokus pada pembuktian keuangan.

"Kalau kita baca misalnya di jawaban KPK di proses praperadilan hubungannya jelas disana tersangka dan perusahan-perusahaan dan juga terdakwa lain sedang di proses hal lain seperti agustinus atau perusahaan lain. Kita fokus pada pembuktian keuangan," tutupnya.

Setya Novanto sendiri saat ini masih menjalani perawatan di RS Premier Jatinegara. Dia rencananya akan menjalani operasi kedua pada awal pekan depan.

"Memang kan yang seperti sudah diperiksa oleh dokter, kalau memang akan dilakukan tindak operasi kedua. Yang akan dilakukan Senin atau Selasa karena menunggu pengencer darahnya bekerja selama lima hari," kata istri Novanto, Deisti Novanto di RS Premier, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (22/9/2017).
(lkw/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed