DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 04:03 WIB

BNPB Pastikan Kesiapan Logistik untuk Pengungsi Gunung Agung

Akhmad Mustaqim - detikNews
BNPB Pastikan Kesiapan Logistik untuk Pengungsi Gunung Agung Foto: Akhmad Mustaqim/ detikcom
Karangasem - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, memastikan kesiapan bantuan untuk pengungsi Gunung Agung. Bantuan tersebut mulai dari bantuan evakuasi sampai logistik.

"Untuk dukungan logistik semua sudah disiapkan, kita mengerahkan sumber daya nasional yang ada untuk evakuasi, termasuk untuk makanan, dukungan air bersih akan disiapkan semuanya," kata Willem di Pos Pantau Gunung Agung, Banjar Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/9/2017).

Willem menyebutkan untuk dana bantuan tersebut sampai saat ini masih sanggup disiapkan oleh pemerintah kabupaten Karangasem. Meski begitu, BNPB telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk operasional posko pengungsian.

"Dana yang disiapkan masih cukup dari kabupaten, kalau nggak cukup dari provinsi, kalau masih kurang ada dana dari pusat. Dari pusat ada Rp 500 juta untuk operasional posko," kata Willem.

Selain itu, BNPB juga telah menyiapkan bantuan perlengkapan untuk evakuasi warga seumpama terjadi erupsi. Willem menjelaskan BNPB sudah menyiapkan sirine dan masker yang siap dikirim ke pengungsian.

"Kita akan backup peralatan yang tidak dimiliki kabupaten, misal sirine jadi kita akan bawa sirine dari Jakarta, mulai dari masker pun sudah kita siapkan jadi kalau misalnya erupsi, dibutuhkan masker, untuk petugas kita lengkapi dengan Google (kacamata)," kata Willem.

Sebagaimana diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung menjadi Awas mulai pukul 20.30 WITa. Kepala PVBMG Kasbani memperluas zona merah menjadi 12 kilometer.

"Radius 12 kilometer kawasan harus dikosongkan mulai malam ini," ujar Kasbani di Pos Pantau Gunung Agung, Banjar Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/9).
(jor/adf)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed