DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 03:33 WIB

Ratusan Kios di Pasar Benpas Terbakar, Warga: Api Dari Warung Makan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ratusan Kios di Pasar Benpas Terbakar, Warga: Api Dari Warung Makan Foto: Petugas Pemadam kebakaran di Pasar Benpas (Enggran Eko Budianto-detikcom
Mojokerto -
Api membakar ratusan kios di Pasar Benteng Pancasila (Benpas), Kota Mojokerto. Warga menyebut api berasal dari warung makan di sisi timur pasar.

Maria (25), pemilik kios di blok Joko Sambang mengatakan, api pertama kali muncul di warung makan yang berada di sisi timur paling belakang blok Alun-alun.

"Apinya dari warung makan di belakang, kemudian menjalar ke kios lain," kata ibu satu anak ini kepada detikcom di lokasi kebakaran, Sabtu (23/9/2017).

Pasar Benpas sendiri terbagi dalam dua blok, yakni sisi barat disebut blok Alun-alun, sedangkan sisi timur disebut blok Joko Sambang. Kedua blok ini terpisahkan oleh jalan paving dengan lebar sekitar 6 meter. Api membakar ratusan kios di blok Alun-alun yang semuanya sudah tutup.

Sementara Ketua Paguyuban Pedagang Joko Sambang Muhammad Nur Kholik mengatakan, kebakaran terjadi sejak Jumat (22/9) sekitar pukul 23.30 Wib.

"Api dari warung milik Bu Rahayu, kemudian menjalar ke kios sebelah yang menjual pakaian sehingga cepat membesar," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Yayak ini juga belum bisa memastikan penyebab munculnya api di warung tersebut. "Belum tahu penyebabnya apa, warung itu tadi sudah tutup," ujarnya.

Yayak menambahkan, kebakaran ini menghanguskan sekitar 90% dari 280 kios di blok Alun-alun. "Jumlah yang terbakar sekitar 200an kios," terangnya.

Hingga pukul 01.25 Wib, api belum juga bisa dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran (PMK) dibantu warga masih berjibaku memadamkan api. Namun, kobaran api sudah tak sehebat sebelumnya.

Mobil PMK terus hilir mudik ke lokasi kebakaran karena kehabisan air. Puluhan polisi nampak berjaga di lokasi kebakaran untuk mengantisipasi penjarahan. Sejauh ini belum ada kepastian adanya korban.
(adf/adf)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed