DetikNews
Jumat 22 September 2017, 23:47 WIB

Status Awas Gunung Agung, Jonan: Kalau Ditanya Meletus, Tak Ada yang Tahu

Mustaqim - detikNews
Status Awas Gunung Agung, Jonan: Kalau Ditanya Meletus, Tak Ada yang Tahu Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom
Bali - Status Gunung Agung Bali naik dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) pada pukul 20.30 Wita. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan tidak ada yang tahu pasti apakah Gunung Agung meletus atau tidak.

"Kalau ditanya apa pasti meletus, tidak ada yang tahu. Kita ini kan berjaga-jaga daripada nanti kalau terjadi sesuatu kita akan menyesal," kata Menteri Jonan saat meninjau Pos Pengamatan Gunung Agung di Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/9/2017).


Jonan menjelaskan status awas merupakan level tertinggi status gunung berapi. Menurutnya, dengan adanya status awas, warga yang berada di radius 12 kilometer harus dievakuasi.

"Jadi awas, secara teori, nggak ada awas berapa, awas berapa. Kalau status awas, warga memang harus mengungsi, dijelaskan bahwa radius aman 9 km plus sektoral. Intinya memang ini warga sudah harus dievakuasi," jelas Jonan.

Jonan menyebutkan status awas ditetapkan karena sampai saat ini aktivitas vulkanis Gunung Agung terus meningkat.

"Karena kalau dilihat aktivitasnya, aktivitas vulkanisnya, sudah luar biasa daripada aktivitas atau gejala normal," ujarnya.


Sebagai informasi, BNPB mencatat sudah ada 1.259 warga yang diungsikan. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada delapan posko yang telah ditentukan menjadi lokasi pengungsian.

"Data sementara dari Pusdalops BPBD Bali saat ini, terdapat 1.259 jiwa pengungsi di delapan pos pengungsian," ujar Sutopo kepada detikcom, Kamis (21/9).
(adf/rjo)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed