DetikNews
Jumat 22 September 2017, 21:31 WIB

Kapolri Minta Polantas Hilangkan Stigma Negatif

Mei Amelia R - detikNews
Kapolri Minta Polantas Hilangkan Stigma Negatif Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengevaluasi kinerja Korps Lalu Lintas pada hari ulang tahun ke-62. Dia meminta agar stigma buruk yang menempel pada Polantas dihilangkan untuk meraih kepercayaan publik.

"Evaluasi saya, masih banyak kelemahan di bidang lalu lintas, misalnya budaya negatif di bidang lalu lintas, 'prit jigo' masih ada," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Budaya-budaya negatif lainnya seperti 'menjebak' pengendara dengan cara bersembunyi di balik pohon hingga anggapan Polantas mencari-cari kesalahan haruslah dihilangkan. "Nah, stigma ini harus ditekan semaksimal mungkin," imbuh Tito.

Meningkatkan kesejahteraan dan mentalitas anggota Polantas, menurut Tito, dapat mengurangi budaya negatif yang selama ini menempel di tubuh Korps Lalu Lintas. Upaya lain adalah mengurangi sentuhan langsung Polantas dengan masyarakat.

"Membuat sistem yang baik, sehingga sentuhan polisi dengan masyarakat menjadi relatif berkurang untuk masalah pelayanan," ungkap Tito.

Tito berharap, HUT Polantas ini akan menjadi momentum bagi Korps Lalu Lintas untuk mulai bersih-bersih, sehingga Polri bisa meraih kepercayaan publik.

"Termasuk korupsi di bidang jajaran lalu lintas itu untuk ditekan semaksimal mungkin. Nah, harapan saya, dengan perbaikan ini, anev (analisis evaluasi) terhadap kelebihan dan kekurangan ini lalu lintas akan mampu menaikkan kepercayaan publik terhadap Polri," tandas Tito.
(mei/adf)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed