DetikNews
Jumat 22 September 2017, 15:17 WIB

Cai Tao-Hu Chun, Giant Panda dari China Segera Tiba di Indonesia

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Cai Tao-Hu Chun, Giant Panda dari China Segera Tiba di Indonesia Foto: KLHK menggelar konferensi pers terkait sepasang giant panda yang akan didatangkan dari China. (Kanavino-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Indonesia akan mendatangkan dua giant panda (Ailuropoda melanoleuca) dari China untuk dikembangbiakkan. Sepasang panda itu didatangkan dari hasil kerja sama konservasi dengan pemerintah China.

"Sebagai salah satu upaya untuk mempererat hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Tiongkok maka kedua pihak berencana akan membangun kerja sama konservasi dengan mendatangkan sepasang giant panda ke Indonesia," kata Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Djati Witjaksono Hadi, di Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Djati menerangkan satwa giant panda ini merupakan salah satu satwa khas dari China. Ada beberapa negara yang menjalin kerja sama untuk pengembangbiakkan panda tersebut. Indonesia menjadi negara ke-16 yang mendapat peminjaman untuk pengembangbiakan.

"Negara Indonesia akan (jadi negara) ke-16 yang akan diberikan peminjaman untuk pengembangbiakan," terangnya.

Kerja sama konservasi giant panda ini pun telah disepakati dengan mekanisme peminjaman. Nota kerja sama antar kedua pemerintah telah ditandatangani sejak 1 Agustus 2016.

"Nota kerja sama (Mou) antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Tiongkok (government to government) dan nota kerja sama Business to Business antara PT Taman Safari Indonesia dengan China Wildlife Conservation Association (CWCA) telah ditandatangani pada tanggal 1 Agustus 2016 di Guiyang, Tiongkok," tutur Djati.

Selain itu, Djati menjelaskan sepasang panda itu akan diangkut ke Indonesia pada 28 September 2017 besok. Dua panda akan dibawa dari Bandara Chengdu, Tiongkok ke Bandara Soekarno-Hatta kemudian selanjutnya akan dikarantina di lembaga konservasi PT Taman Safari Indonesia Bogor.

Dua giant panda itu memiliki profil sebagai berikut:

- Panda jantan bernomor studbook 778 lahir 4 Agustus 2019 (berumur 7 tahun) bernama 'Cai Tao' dengan berat sekitar 128 kilogram dan dalam kondisi sehat (Health certificate RCGP).

-Panda betina bernomor studbook 794 lahir 8 September 2010 (berumur sekitar 7 tahun) bernama 'Hu Chun' dengan berat sekitar 113 kilogram dan dalam kondisi sehat (Health certificate RCGP).
(knv/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed