DetikNews
Jumat 22 September 2017, 15:22 WIB

Upacara Tolak Bala, Kepala Kambing akan Diberikan ke Buaya di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Upacara Tolak Bala, Kepala Kambing akan Diberikan ke Buaya di Riau Tuslam menunjukan lokasi penemuan mayat Suprianto yang dimakan buaya (dok Istimewa)
Pekanbaru - Masyarakat Desa Bagan Sinembah Timur, Kab Rokan Hilir, Riau akan menggelar acara tolak bala atas kematian Suprianto (46) yang disantap buaya. Mereka akan memberikan kepala kambing untuk buaya.

"Rencananya kita akan menggelar acara doa untuk tolak bala. Pelaksanaannya di lokasi di mana organ tubuh Suprianto didapatkan," kata Tuslam (53) warga desa setempat dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (22/9/2017).

Menurut Tuslam yang bisa berdialog kebatinan dengan penguasa buaya itu, menjelaskan, dia seperti mendapat mimpi atau bisikan untuk menggelar doa bersama. Salah satu syarat yang diminta 'Datuk' penguasa buaya agar warga desa menyediakan kepala kambing.

"Nanti kepala kambing akan kami bawa ke lokasi dan akan kami hanyutkan di kanal. Ini sebagai upaya tolak bala, agar jangan ada lagi warga desa yang menjadi korban keganasan buaya di tempat kami ini," kata Tuslam.

Hingga saat ini kepala Suprianto belum diketemukan. Namun Tuslam dalam tiga hari terakhir tetap berusaha untuk mencari organ kepala Suprianto.

Tuslam menyebutkan, kondisi saat ini buaya dari kawasan muara banyak yang naik ke kanal. Sejak kemarin Tuslam masih melihat buaya masuk ke kawasan kanal.

"Buaya muara semakin banyak naik kanal, ini pertanda buruk. Makanya kami warga desa sepakat buat tolak bala," tutup Tuslam.
(cha/fay)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed