DetikNews
Jumat 22 September 2017, 14:19 WIB

SMA Unggulan CT ARSA Solo Baru, Mimpi Lama Anita Ratnasari Jadi Nyata

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
SMA Unggulan CT ARSA Solo Baru, Mimpi Lama Anita Ratnasari Jadi Nyata Foto: Ketua CT Arsa Foundation Anita Ratnasari/Elvan Dany Sutrisno
Sukoharjo - Setelah sukses dengan SMA unggulan di Medan, CT ARSA Foundation mendirikan sekolah unggulan di Sukoharjo, Jawa Tengah. SMA kedua CT ARSA Foundation ini adalah mimpi lama Anita Ratnasari Tanjung yang kini terwujud. Seperti apa ceritanya?

"Saya ingin mendirikan sekolah unggulan di kota Sukoharjo, Solo Baru, Jawa Tengah, ini memang cita-cita yang sudah lama, jadi bukan baru-baru ini. Sudah lebih dari 10 tahun lalu saya ingin mendirikan sekolah unggulan di Jawa Tengah," kata Ketua CT ARSA Foundation, Anita Ratnasari Tanjung, sebelum peletakan batu pertama SMA Unggulan CT ARSA Foundation di Sukoharjo, Jumat (22/9/2017).



Lantas kenapa mimpi itu diwujudkan di Sukoharjo, Solo Baru?

"Mengapa Jawa Tengah? Karena di Medan adalah daerah asal Bapak Chairul Tanjung, ini yang kedua di Sukoharjo, Solo Baru, Jawa Tengah. Karena CT ARSA itu kan artinya CT Chairul Tanjung, ARSA Anita Ratnasari, yang dalam bahasa sansekerta ARSA itu artinya happiness, memberikan kebahagiaan kepada masyarakat yang tidak mampu," ungkap Anita sembari tersenyum.

"Jadi ini adalah mimpi lama yang baru terwujud dan peletakan batu pertamanya pada hari ini," imbuhnya.

Peletakan batu pertama SMA unggulan CT ARSA Foundation dilangsungkan siang ini komplek SMA Unggulan CT ARSA Foundation di Jl Jenderal Sudirman, Sukoharjo. Anita menuturkan, Tanah tempat bangunan SMA unggulan ini dibeli oleh CT ARSA Foundation, ada partisipasi nasabah Mega Berbagi dalam pembangunan SMA unggulan.

Sama seperti SMA unggulan CT ARSA Foundation di Medan, semua siswa tidak dipungut biaya dan disupport sampai tingkat universitas seratus persen oleh CT ARSA Foundation.

"Semua free dan kita support sampai universitas dan hanya untuk anak orang kurang mampu. Sekolah di Medan sudah jadi unggulan tapi kami tetap dengan visi utama kami memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas," tegas Anita.

Anita kemudian menceritakan asal usul berdirinya SMA Unggulan CT ARSA di Medan yang menjadi cikal bakal sekolah unggulan berikutnya ini. Asal mulanya karena kepedulian CT-ARSA dengan anak-anak korban tsunami Aceh.

"Sekolah unggulan CT ARSA Foundation itu memang di Medan. Awalnya pada tahun 2005 kita bangun sekolah madani dan menerima siswa-siswa yang merupakan korban tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu," kenangnya.

Kemudian pada tahun 2010 dibangunlah sekolah unggulah yang punya visi sosial. "Visi utamanya adalah memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas, jaminan kesehatan, dan juga pelatihan untuk para pengrajin di seluruh pelosok Indonesia," pungkasnya.

CT ARSA Foundation sendiri sudah berdiri lebih dari 12 tahun. Selain sekolah unggulan itu, CT ARSA Foundation juga mengembangkan 26 PAUD, membangun sekolah di remote area di seluruh Indonesia, dan juga mensupport mobil pintar, mobil sehat, dan mobil iqra. Selain itu juga mensupport pendidikan berkualitas untuk para tunanetra.


(van/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed