DetikNews
Jumat 22 September 2017, 14:23 WIB

Pilgub Sumsel, Nama-nama Potensial Masih Tunggu Keputusan Parpol

Raja Adil Siregar - detikNews
Pilgub Sumsel, Nama-nama Potensial Masih Tunggu Keputusan Parpol Bupati Lahat Aswari Rivai (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2018, semakin dekat, namun suasana masih cair. Para calon potensial seperti masih malu-malu. Semua menunggu arahan DPP partai politik.

Meskipun Pilkada Serentak bakal digelar sebentar lagi, beberapa calon terlihat masih menunggu keputusan partai politik di Jakarta. Suasana masih cair dan belum ada kandidat yang secara terbuka mensosialisasikan maju sebagai bakal calon Gubernur Sumsel selain menggunakan spanduk dan alat peraga.

"Sampai saat ini suasana masih cair, karena calon kandidat masih menunggu keputusan dari DPP partai untuk menentukan dukungannya. Beberapa calon juga sudah mendaftar dan menjalin komunikasi dengan beberapa partai termasuk DPD Gerindra Sumsel," ujar Bupati Lahat Aswari Rivai saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (22/9/2017).

Untuk DPD Partai Gerindra Sumsel akan mengusung Aswari untuk maju dalam Pilgub Sumsel mendatang. Bahkan beberapa pengurus cabang telah dilakukan pengukuhan sebagai mesin penggerak partai nantinya saat pilgub 2018.

Saat ini, Gerindra hanya memiliki 10 kursi di DPRD Sumsel dan masih membutuhkan 5 kursi lagi untuk bisa mengusung dirinya maju sebagai kandidat calon gubernur. Untuk itu partai Gerindra akan berkoalisi dengan beberapa partai untuk memenuhi dukungan 15 kursi di DPRD Sumsel.

"Gerindra hanya butuh 5 kursi lagi untuk menentukan dukungan dalam mengusung saya maju dalam pilgub Sumsel, tinggal mencari 5 kursi lagi untuk mencukupi. Tidak banyak-banyak kalau sudah cukup 15 kursi kita akan mulai bergerak," sambung Aswari.

Namun demikian, Aswari mengaku belum ada kandidat yang mendominasi popularitas dan elektabilitasnya dalam pilkada mendatang sampai saat ini. Tetapi dengan adanya calon kandidat yang muncul dengan popularitas dan elektabilitas tinggi akan dipertimbangkan oleh partai Gerindra dalam berkoalisi.

Sebagaimana diketahui, Bupati Lahat dua periode ini telah menyatakan siap maju sebagai bakal calon Gubernur Sumsel pada Juli lalu. Aswari sudah mengantarkan berkas penjaringan calon di lima partai politik di Sumsel yakni PAN, NasDem, Hanura, PDIP dan PKB. Lima partai nantinya diharapkan dapat menjadi perahu dirinya untuk maju sebagai calon Gubernur Sumsel.
(fay/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed