DetikNews
Jumat 22 September 2017, 14:08 WIB

Pilgub Jabar 2018

Dijodohkan Golkar dengan Anak Yance, Ridwan Kamil: Nggak Kaget

Tri Ispranoto - detikNews
Dijodohkan Golkar dengan Anak Yance, Ridwan Kamil: Nggak Kaget Foto: Mochamad Solehudin/detikcom
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapat dukungan dari Partai Golkar. Dalam surat dukungan itu disebutkan dia akan dicalonkan bersama kader Golkar, Daniel Mutaqien Syafiuddin. Kumaha, Kang Emil, setuju?

Ditemui di Pendopo Kota Bandung, Emil merasa tidak kaget jika 'dikawinkan' dengan Daniel. "Nggak kaget karena dari awal, siapa pun wakil saya, saya tidak masalah," ucapnya kepada wartawan, Jumat (22/9/2017).


Dia menuturkan terakhir kali berkomunikasi dengan Daniel, yang merupakan anak mantan terpidana kasus korupsi lahan PLTU Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance, terjadi saat Kang Emil melakukan kunjungan ke Kabupaten Indramayu sekitar satu bulan lalu.

"Terakhir dulu waktu kunjungan," katanya.

Daniel Mutaqien.Daniel Mutaqien (dpr.go.id)

Emil menyebut komunikasi dengan nama-nama selain Daniel, seperti Uu Ruzhanul Ulum dan Asep Maosul, yang merupakan bakal calon wakil gubernur (balon wagub) dari PPP, juga dilakukan dengan intensitas yang sama.

"Kalau ke Golkar kadernya pengen (jadi wakil), saya ngobrol. PPP juga kadernya pengen ketemu saya, ngobrol. Begitu juga PKB. Jadi intensitas saya dengan Pak Daniel sama dengan Pak Asep atau Pak Uu," katanya.




Dalam hal ini, Emil memposisikan diri hanya sebagai calon yang menunggu dukungan. Sedangkan soal wakil yang akan mendampinginya diserahkan kepada koalisi partai pendukung.

"Saya mah penganten. Kalau keluarga mempelai belum memberikan surat resmi terus keburu geer, tahunya tidak berjodoh. Jadi saya tahu diri," ujar Emil.

Seperti diketahui, Daniel adalah kader Partai Golkar yang kini duduk di DPR. Daniel lahir dari keluarga politisi Golkar. Ayahnya, Irianto MS Syafiuddin, merupakan mantan Bupati Indramayu dan mantan Ketua DPD I Golkar Jabar. Sedangkan ibunya, Anna Sophanah, kini meneruskan karier sang suami sebagai Bupati Indramayu.

Video 20detik: Kang Emil Unggul di Jabar Berdasarkan Survei
(err/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed