DetikNews
Jumat 22 September 2017, 11:53 WIB

Tuntut Reformasi Agraria, Massa SPI Gelar Aksi Teatrikal di KLHK

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Tuntut Reformasi Agraria, Massa SPI Gelar Aksi Teatrikal di KLHK Foto: Aksi massa SPI di depan gedung KLHK. (Wildan-detikcom)
Jakarta - Massa dari Serikat Petani Indonesia (SPI) mengelar aksi di depan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Aksi yang menuntut konflik Agraria di kawasan hutan segera diselesaikan itu tidak mengganggu arus lalu lintas.

Pantauan detikcom, massa mulai berkumpul di depan Gedung Manggala Wanabakti, KLHK, Jalan Gatot Subroto No 2 Jakarta, mulai pukul 10.00 WIB, Jumat (22/9/2017). Selain berorasi, massa juga menampilkan aksi teatrikal.

Massa menggunakan topi petani dalam aksi itu. Mereka membawa sepanduk bertuliskan "Segera Selesaikan Konflik di Kawasan Hutan Melalui Reformasi Agraria Sejati' dan kardus bertuliskan 'Perhutanan Sosial=Contract Farming'.

"Teatrikal yang mewakili realitas sosial. Pelepasan hutan hanya pembohongan. ini menggambarkan bahwa kesejahteraan petani masih tidak sejahtera dengan itu kami menolak solusi palsu Perhutanan Sosial," kata seorang orator, Angga Hermanda.

Tuntut Reformasi Agararia, Massa SPI Gelar Aksi Teatrikal di KLHKFoto: Aksi massa SPI di depan gedung KLHK. (Wildan-detikcom)

Kata Angga, Perhutanan Sosial seperti merentalkan tanah negara kepada petani. Saat ini, petani harus membagikan hasil panennya kepada Perhutanan.

"Kami mendesak reforma agraria dari pelepasan kawasan hutan segera dijalankan. Kami menekankan di Jawa dan Bali karena tingkat kelaparan di Bali dan Jawa besar. Tuntutannya tanah dibebaskan untuk petani," kata Angga.

Tuntut Reformasi Agararia, Massa SPI Gelar Aksi Teatrikal di KLHKFoto: Aksi massa SPI di depan gedung KLHK. (Wildan-detikcom)

Massa sudah membubarkan diri pada pukul 11.00 WIB. Mereka memasang spanduk aksi di seberang KLHK. Sementara, terlihat juga polisi yang mengamankan aksi ikut bubar meninggalkan lokasi.

"Pengamanan ini kita bawa 64 personel dari Polda, Polres dan Polsek. Kita bawa cuma pasukan aja kan kita amankan cuma sedikit sekitar 10-20 orang dan sebelum jumatan mereka sudah bubar," ujar Wakapolsek Tanah Abang Kompol Saiful Anwar.
(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed