DetikNews
Jumat 22 September 2017, 11:02 WIB

Pilgub Jabar 2018

Novanto Tunjuk Emil Jadi Cagub Jabar, Yorrys: Katanya Dia Lagi Sakit

Hary Lukita Wardani - detikNews
Novanto Tunjuk Emil Jadi Cagub Jabar, Yorrys: Katanya Dia Lagi Sakit Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Ketum Golkar Setya Novanto membuat langkah mengejutkan dengan mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) sebagai cagub Jawa Barat (Jabar) 2018. Koordinator bidang Polhukam Golkar Yorrys Raweyai mempertanyakan mekanisme penunjukan Emil.

"Saya pertanyakan kapan ditandatangani itu surat. Katanya dia (Novanto, red) lagi sakit," kata Yorrys saat dihubungi, Jumat (22/9/2017).


Yorrys sudah melihat surat penunjukan Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar 2018. Dia merasa ada mekanisme partai yang dilangkahi terkait dengan penunjukan Ridwan Kamil.

"Nggak pernah ada rapat. Juklak Nomor 6 Partai Golkar itu nggak pernah dilaksanakan," ujar politikus kelahiran Serui, Papua Barat, itu.

Penunjukan Ridwan Kamil tertuang dalam surat DPP Golkar yang beredar di kalangan wartawan. Surat itu memang belum ada nomornya, juga tanggalnya, namun sudah ada tanda tangan Ketum Golkar Setya Novanto dan Sekjen Golkar Idrus Marham di bagian bawah surat.



"Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menetapkan dan mengesahkan Sdr H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD sebagai calon Kepala Daerah berpasangan dengan Sdr H Daniel Mutaqien Syafiuddin ST sebagai calon Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat yang diusung Partai GOLKAR dalam Pilkada serentak Putaran ke-3 tahun 2018," demikian bunyi surat itu.

Dalam surat itu, Ketua DPD Jabar, yang notabene Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, diperintahkan menindaklanjuti keputusan tersebut. Surat itu juga menyatakan keputusan DPP Golkar bersifat final.


Menanggapi beredarnya surat itu, Dedi Mulyadi mengaku heran. Pasalnya, dengan kondisi terbaring sakit, tidak mungkin Ketum Golkar Setya Novanto berani mengambil keputusan penting.

"Setahu saya kan Pak Setya Novanto itu dioperasi jantung di rumah sakit, masak sih orang dalam keadaan dioperasi baru selesai masa penyembuhan memutuskan soal Pilgub Jabar," kata Dedi saat dihubungi via telepon genggam, Jumat (22/9).

VIDEO 20detik: Syarat Nasdem Kalau Kang Emil Mau Nyagub
(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed