DetikNews
Kamis 21 September 2017, 23:44 WIB

Mensos Khofifah soal Nonbar Film G30S/PKI: Itu Tidak Dilarang

Muhammad Aminudin - detikNews
Mensos Khofifah soal Nonbar Film G30S/PKI: Itu Tidak Dilarang Foto: Mensos Khofifah Indra Parawansa melayat istri mantan Wapres Hamzah Haz. (Yulida-detikcom)
Malang - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tak menyoalkan pemutaran film G30S/PKI yang muatannya bagi sebagian pihak masih jadi kontroversi. Menurut Khofifah, pemerintah sendiri tidak melarang film itu.

"Selagi tidak ada pelarangan itu boleh, para legal juga tidak melarang. Kemudian bagaimana kita semua ini membangun satu muncul understanding, satu sama lain saling memahami," kata Khofifah di Malang, Jawa Timur, Kamis (21/9/2017).

Menurut Khofifah, film itu menggambarkan proses bangsa di masa revolusi kemerdekaan. Dia menegaskan film itu sah diputar selama belum dinyatakan ilegal oleh pemerintah.

"Nah proses-proses berjalan. Saya rasa masing-masing, mudah-mudahan terbangun kesepahaman dalam rangka kita menjaga harmoni di antara warga bangsa ini. Jadi tidak ada pelarangan itu boleh," urainya.

Khofifah mengatakan yang terpenting sesama anak bangsa dapat saling menghormati. Secara hukum, kata dia, film itu layak di-publish.

"Jika tim dewan sensor, kementerian terkait tidak ada masalah, ya tetap itu punya hak untuk di-publish. Prinsip jika tidak ada secara yuridis tidak ada melarang, itu boleh," ucap Khofifah.
(gbr/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed