DetikNews
Rabu 20 September 2017, 22:12 WIB

Film G30S/PKI Dipandang Perlu untuk Generasi Muda

Andi Abdullah Sururi - detikNews
Film G30S/PKI Dipandang Perlu untuk Generasi Muda Gubernur NTB Zainul Majdi (kiri). Foto: Yudhistira Amran Saleh/detikcom
Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi menilai, pemutaran ulang film G30S/PKI penting sebagai pengingat sejarah terutama untuk generasi milenial serta tidak menjadi polemik berkepanjangan di masyarakat.

"Penayangan film ini merupakan hal penting karena peristiwa G30S/PKI sudah menjadi bagian sejarah bagi bangsa, sehingga pemerintah perlu memiliki satu suara dalam menunjukkan bahaya dari komunis, dan gambaran bahwa tidak berlakunya sistem komunis di Indonesia," jelas gubernur yang biasa dipanggil TGB ini (Tuan Guru Bajang) kepada wartawan, Rabu (20/9).

Jika mengamati berbagai negara seperti Amerika Serikat, China, dan negara-negara di Eropa, mereka bisa maju karena para warganya selalu mempelajari, menghargai, serta meneladani sejarah para pahlawan mereka. Sebab, menghargai sejarah merupakan salah satu langkah untuk tercapainya menuju bangsa yang beradab, maju, dan besar.

Zainul juga melihat bahwa pemutaran film G30S/PKI tidak perlu menjadi polemik yang dapat memicu konflik di masyarakat. Menurutnya, pemutaran film itu bertujuan untuk menginformasikan fakta dan nilai sejarah masa lalu, serta tidak bertendensi mendiskreditkan pihak lain atau menumbuhkan dendam di antara sesama anak bangsa.

Ia menilai positif usulan pemerintah memperbarui film G30S/PKI untuk mempermudah generasi milenial dalam memahami pesan yang disampaikan sesuai target mereka.

"Menonton film yang lama atau bikin film baru sesuai perkembangan zaman bagus untuk pembelajaran sejarah atau edukasi kepada generasi muda," ujar TGB.

Selain itu, ia menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan generasi milenial juga dapat menelisik lebih banyak sejarah Indonesia, serta tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu hoax yang semakin banyak beredar dan mengetahui perjuangan para pendiri bangsa.

"Saya berharap ke depan generasi muda dapat mengukir prestasi-prestasi yang membanggakan bagi negara republik Indonesia yang kita cintai ini," tukasnya.


(a2s/van)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed