DetikNews
Rabu 20 September 2017, 21:13 WIB

Polri Tetapkan Debitur BPD Papua Jadi Tersangka Kredit Menyimpang

Audrey Santoso - detikNews
Polri Tetapkan Debitur BPD Papua Jadi Tersangka Kredit Menyimpang Gedung Mabes Polri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bareskrim menetapkan seorang debitur Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua berinisial TM sebagai tersangka kasus dugaan penyimpangan fasilitas kredit BPD Papua. TM adalah pejabat PT SBI yang diduga bekerja sama dengan oknum pegawai BPD Papua untuk merekayasa permohonan fasilitas kredit.

"TM adalah debitur yang bekerja sama dengan pihak bank untuk merekayasa kredit yang kami nilai perbuatan melawan hukum," jelas Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bareskrim Polri Kombes Indarto kepada detikcom, Rabu (20/9/2017).

Indarto menyampaikan TM menyandang status tersangka sejak Senin (18/9). Penetapan TM sebagai tersangka merupakan hasil pengembangan yang dilakukan penyidik setelah menetapkan eks Direktur Utama BPD Papua sebagai tersangka.

"Ini lanjutan penyidikan dari berkas tersangka mantan Dirut BPD Papua atas nama JK. JK sendiri sudah ditahan dan berkas perkaranya menunggu P21 dari kejaksaan," terang Indarto.

Selain mengusut dugaan korupsinya, Indarto menambahkan, penyidik menelusuri unsur tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam perkara BPD Papua.

"Kita kenakan pencucian uang juga dalam rangka asset recovery, guna memulihkan kerugian negara," ujar Indarto.

Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Ari Dono mengumumkan temuan BPK tentang adanya penyimpangan dalam pemberian fasilitas kredit BPD Papua ke PT Sarana Bahtera Irja (PT SBI) dan PT Vita Samudra (PT Vitas). Ari juga menyampaikan penetapan tersangka terhadap eks Dirut BPD Papua, JK.

"Sudah ada satu tersangka inisial JK, mantan dirut bank. Sudah ada beberapa langkah, aset-aset juga sudah kita sita, sudah kita lelang juga, seperti ada kapal di Surabaya. Nah, itu karena empat kapal kalau kita sita kayak gitu kan biaya pengamanan kan tinggi. Kemarin kita lakukan pelelangan," kata Ari di gedung Bareskrim Polri, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).
(aud/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed