DetikNews
Rabu 20 September 2017, 20:40 WIB

Polres Jaksel Tangkap Pengoplos Elpiji di Kebayoran Lama

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polres Jaksel Tangkap Pengoplos Elpiji di Kebayoran Lama Ilustrasi (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan menangkap tiga tersangka pengoplos elpiji di Kebayoran Lama. Tiga tersangka itu berinisial M, J, dan S.

Tersangka diketahui memindahkan isi dalam tabung gas 3 kilogram ke tabung gas 12 kilogram. Mereka melancarkan aksinya dengan menggunakan alat berupa jarum suntik gas berbahan besi.

Setelah diisi, tabung gas 12 kilogram itu diedarkan ke sejumlah konsumen di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Ketiganya beraksi sejak Juni 2017.

"Tersangka menjual gas-gas 12 kilogram tersebut kepada konsumen yang berada di wilayah Kemang dengan diantar oleh tersangka S menggunakan mobil bak," kata Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Bismo Teguh lewat keterangannya, Rabu (20/9/2017).

Kepada polisi, tersangka mengaku meraup keuntungan yang lebih besar dari mengoplos gas tersebut. Jika berhasil menjual satu tabung gas 12 kilogram, pelaku mendapat keuntungan Rp 5.000.

"Apabila dalam sehari dapat menjual 100 tabung elpiji 12 kilogram yang telah diisi sendiri oleh tersangka dengan cara menyuntik tersebut, tersangka memperoleh keuntungan Rp 500 ribu," kata Bismo.

Pelaku ditangkap pada 14 September 2017 dan dikenai pasal 62 ayat 1 juncto Pasal 8 ayat 1 huruf a, b, dan c juncto Pasal 9 ayat 1 huruf d UU RU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 55 UU RI No 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa puluhan tabung gas 3 kilogram, puluhan tabung gas 12 kilogram, 5 jarum suntik, 1 plastik segel untuk tabung gas 12 kilogram, puluhan karet tabung gas, puluhan tutup segel gas, sepuluh es batu, 5 besi jagrak, 2 obeng, 1 unit mobil dan STNK, serta uang tunai Rp 1,5 juta.
(knv/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed