DetikNews
Rabu 20 September 2017, 19:03 WIB

KPK: Kondisi Setya Novanto Membaik, Sudah Bisa Diperiksa

Faiq Hidayat - detikNews
KPK: Kondisi Setya Novanto Membaik, Sudah Bisa Diperiksa Setya Novanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Jakarta - Tim penyidik dan dokter KPK kembali mendatangi RS Premier untuk mengetahui kondisi Ketua DPR Setya Novanto. KPK berkoordinasi dengan dokter yang menangani Novanto.

"Tadi dilakukan koordinasi pihak dokter, dan kondisi SN dilihat secara langsung oleh tim KPK. Dari koordinasi yang dilakukan dengan dokter, yaitu dokter spesialis jantung, dijelaskan bahwa kondisi kesehatan SN lebih baik, semakin baik dibanding hari Senin," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Febri mengatakan saat tim KPK menuju ruang pasien, Novanto sedang beristirahat. Novanto terlihat menggunakan infus, namun tidak menggunakan oksigen untuk pernapasan.

"Kami melihat pasien sedang dirawat atau sedang tidur. Hari Senin tidak dipasang infus, tadi terlihat dipasang infus. Tapi tidak ada bantuan pernapasan oksigen, jadi pasien sedang tidur," ujar Febri.

Meski kondisi Novanto membaik, KPK belum melakukan pemeriksaan. KPK juga belum menentukan perlu-tidaknya meminta bantuan dari IDI untuk mencari data pembanding terkait kesehatan Novanto.

"Secara prinsip dokter mengatakan, kalau ingin diperiksa, itu sudah bisa dilakukan. Jadi, kalau mengacu konsep to be questioned dalam proses hukum tersebut, sudah bisa dilakukan. Tapi pemeriksaan belum kita lakukan karena kita datang untuk melakukan pengecekan dan melihat secara langsung," papar Febri.
(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed