DetikNews
Rabu 20 September 2017, 13:36 WIB

Djarot Usulkan Posisi Gubernur DKI Jakarta Setara Menteri

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Djarot Usulkan Posisi Gubernur DKI Jakarta Setara Menteri Foto: Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. (Fida-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar posisi gubenur DKI setara dengen menteri. Hal tersebut untuk mempermudah koordinasi dengan kota-kota penyangga di sekitar Jakarta.

"Saya usulkan sisi kedudukan gubernur Jakarta ke depan itu dalam tanda kutip, selevel dengan menteri. Karena harus mengoordinasikan dan menyinergikan pembangunan dengan kawasan penyangga," kata Djarot usai Focus Group Discussion (FGD) mengenai UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Jakarta sebagai ibu kota, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2017).

Djarot menekankan sinergi antara Jakarta dengan daerah penyangga lainnya seperti Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang sangat diperlukan. Dengan adanya integrasi, menurut Djarot, pembangunan akan semakin mudah.

"Jakarta ini kota megapolitan karena menyangkut daerah penyangga. Maka kita bicara masalah kawasan untuk menyinkronkan dan mengintegrasikan pola pembangunan antar kawasan dengan ibu kota, jadi satu kesatuan," sebutnya.

Djarot mencontohkan integrasi sistem transportasi dan pengendalian banjir akan mudah dengan posisi gubernur DKI yang setara menteri. Ia optimistis pembangunan akan cepat mencapai target dengan koordinasi langsung di bawah gubernur DKI.

"Pembangunan transportasi nggak boleh sepotong-sepotong. Membangun lingkungan hidup, mengatasi banjir, nggak boleh sepotong-sepotong," tuturnya.

Djarot mengatakan Jakarta harus mempunyai keistimewaan dalam pengelolaannya. Sebab, posisi Jakarta sebagai ibu kota negara sangatlah strategis.

"Pola pikir kita itu bukan hanya Jakarta sebagai daerah khusus tapi juga Indonesia. Karena ini ibu kota negara dan kepresidenan ada di sini," sebutnya.
(fdu/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed