DetikNews
Rabu 20 September 2017, 11:03 WIB

Tak Hanya Jangkau Jabodetabek, PT KCJ Ganti Nama Jadi PT KCI

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Tak Hanya Jangkau Jabodetabek, PT KCJ Ganti Nama Jadi PT KCI PT KCJ berganti nama menjadi PT KCI. (Parastiti/detikcom)
Jakarta - PT Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ) berganti nama menjadi PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI). Pergantian tersebut untuk mempersiapkan perluasan wilayah yang akan dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

"Perubahan ini bukan sekadar pergantian nama. PT KCJ ketika itu dipersiapkan untuk mendapatkan penugasan yang lebih luas lagi dari PT KAI, selaku induk perusahaan," kata VP Corporate Communication PT KCI Eva Chairunisa di Stasiun Juanda, Jakpus, Rabu (20/9/2017).

Eva mengatakan perubahan nama KCJ dilakukan seiring dengan perluasan wilayah operasinya yang telah mencapai Rangkas Bitung dan Cikarang. Karena itu, kata 'Jabodetabek' dirasa tak sesuai lagi.

"Terminologi Jabodetabek di dalam nama KCJ tidak lagi dapat mengakomodir cakupan wilayah operasinya," ujar Eva.

Tak Hanya Jangkau Jabodetabek, PT KCJ Ganti Nama Jadi PT KCIPT KCJ berganti nama menjadi PT KCI. (Parastiti/detikcom)

Perubahan nama dan logo tersebut telah resmi tercatat dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM).

"Selanjutnya perubahan tersebut dilaporkan kepada pemerintah dan resmi dicatat dalam SK Menkum dan HAM Republik Indonesia," sebutnya.

Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didik Hartantyo mengatakan, melalui perubahan nama ini, diharapkan layanan kereta komuter nantinya dapat menjangkau kota-kota besar lain di Indonesia.

"Sehingga pelayanan kereta komuter bisa mengembang ke kota besar, seperti Medan, Bandung, Surabaya, namun tentu kita lihat dulu perkembangannya," sebut Didik.

Tak Hanya Jangkau Jabodetabek, PT KCJ Ganti Nama Jadi PT KCIPT KCJ berganti nama menjadi PT KCI. (Parastiti/detikcom)

Didik memperkirakan jumlah pengguna angkutan massal akan terus meningkat ke depan. Itulah sebabnya, PT KCI memiliki tantangan besar untuk melakukan berbagai macam perbaikan.

"Ketepatan waktu masih jadi tantangan. Penyelesaian arena double double track Manggarai dan jalur di Cikarang, Bekasi, juga akan menjadi perhatian," tambahnya.
(yas/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed