DetikNews
Rabu 20 September 2017, 10:37 WIB

PKL Jalan Kunir Kota Tua akan Ditertibkan

Arief Ikhsanudin - detikNews
PKL Jalan Kunir Kota Tua akan Ditertibkan Ilustrasi PKL Kota Tua (Septiana/detikcom)
Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta akan menertibkan PKL di kawasan Kota Tua, Jakarta, yang berada di Jalan Kunir, Tamansari, Jakarta Barat. Hal ini berkaitan dengan pemindahan pedagang ke lokasi jualan di Jalan Cengkeh.

"Tanggal 25 (September) kita akan 'sapu' PKL, tanggal 29 pokoknya sudah steril karena akan ada peresmian Jalan Cengkeh (5 Oktober 2017)," ucap Camat Tamansari Firman Ibrahim saat dihubungi, Rabu (20/9/2017).

Saat ini, pemerintah daerah masih melakukan sosialisasi soal penertiban itu. Dengan begitu, diharapkan ada kesadaran dari pedagang.

"Diharapkan pedagang bisa mengerti untuk memindahkan dagangan, atau tidak berjualan di Jalan Kunir," ucap Firman.



Firman berharap, setelah PKL dibersihkan, jalan di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta, akan lancar. "Soalnya, kalau malam pedagang memakai jalan dan trotoar," ucap Firman.

Saat ini, kios-kios di Jalan Cengkeh belum diisi pedagang. Pemerintah daerah masih mendata pedagang untuk 456 kios.

"Kita masih melakukan inventarisir. Belum dilakukan pengundian. Sekitar 50 pedagang lagi. Kita tunggu mereka yang daftar," kata Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Barat Nuraini Silviana saat dihubungi terpisah.

Silviana mengatakan pedagang binaan Dinas KUMKMP sudah mendapatkan kios. Tinggal pedagang dari luar binaan.

"Sedangkan untuk PKL binaan 272 itu sudah dapat. Itu wajib didapatkan. Tinggal yang di luar itu. Dan dagangan pun harus jelas," ucap Silviana.
(aik/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed