DetikNews
Selasa 19 September 2017, 21:00 WIB

KPK: Pemeriksaan Novanto Tergantung Kondisi Kesehatan

Faiq Hidayat - detikNews
KPK: Pemeriksaan Novanto Tergantung Kondisi Kesehatan Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyatakan tim penyidik dan dokter KPK sudah melihat kondisi kesehatan Ketua DPR Setya Novanto di RS Premier, Jatinegara, Jakarta Timur. KPK melihat kondisi Novanto melalui kaca di ruangan pasien.

"Tim juga sudah melihat SN (Setya Novanto) di ruangan melalui kaca. Karena yang bersangkutan sedang istirahat setelah dilakukan pemeriksaan kateter dan pemasangan ring," kata Basaria kepada wartawan, Selasa (19/9/2017).

"Dari keterangan tim yang ke RS yang melihat dari balik kaca ruangan, pasien tidak menggunakan infus ataupun oksigen saat itu," imbuhnya.

Kata Basaria, operasi pemasangan ring jantung berjalan dengan baik. Setelah itu, dokter menyarankan Novanto beristirahat di ruang pasien.

"Menurut dokter operator tersebut, pemeriksaan dan operasi berjalan dengan baik. Dan setelah tindakan medis dilakukan, pasien butuh istirahat untuk pemantauan lebih lanjut efek dari pemasangan ring tersebut," kata Basaria.

Masih menurut dokter RS Premier, kata Basaria, Novanto sudah bisa diperiksa terkait kasus proyek e-KTP, namun harus memperhatikan perkembangan kondisi kesehatan Ketua Umum Golkar itu.

"Tim sempat menanyakan kepada dokter spesial jantung yang menangani SN, apakah terhadap SN dapat dilakukan pemeriksaan? Disampaikan, karena perkembangannya baik, kemungkinan pemeriksaan dapat dilakukan pada hari Rabu ini. Namun tetap harus memperhatikan kondisi besok," kata Basaria.

Sementara itu, kakak Novanto, Setyo Lelono, mengatakan sangat penting bagi KPK melihat kondisi kesehatan Novanto. Sehingga KPK bisa menilai kondisi Novanto di RS Premier, Jatinegara.

"Kalau saya melihat, itu kan tugasnya. Artinya, saya juga berterima kasih. Ada hikmahnya sehingga KPK datang kan melihat memang sakit, nggak direkayasa. Daripada spekulasi, dengan (kedatangan) seperti itu, masak, dia lihat sakit, masih nggak percaya," kata Setyo Lelono di RS Premier, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9).
(fai/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed