DetikNews
Selasa 19 September 2017, 14:39 WIB

Berpura-pura Buta, 2 Pengemis Diamankan Dinsos Jaktim

Denita Br Matondang - detikNews
Berpura-pura Buta, 2 Pengemis Diamankan Dinsos Jaktim Petugas Sudinsos Jakarta Timur amankan dua orang tersangka yang berpura-pura buta di Cakung (Foto: Dok. Sudinsos Jakarta Timur)
Jakarta - Petugas Pelayanan Pengawasan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur (Sudinsos Jaktim) menangkap dua pengemis yang berpura-pura buta di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Sudinsos Jaktim, Haryanto mengatakan penangkapan kedua pengemis itu saat melakukan pengawasan di kawasan Cakung pada pagi hari ini.

Keduanya ditangkap di wilayah Cakung, JaktimKeduanya ditangkap di wilayah Cakung, Jaktim (Foto: Dok. Sudinsos Jakarta Timur)

"Kami sedang melingkar di Cakung seperti biasanya, lalu kami melihat ada dua orang tuna netra sedang beroperasi," kata Haryanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (19/9/2017).

Lanjut Haryanto, kedua pengemis bekerja sama mengelabui warga untuk mendapatkan iba. Satu orang berpura-pura buta, satu orang lagi menuntun temannya yang pura-pura buta itu.

Dalam waktu empat hari mereka mendapatkan uang sebanyak Rp 1,2 jutaDalam waktu empat hari mereka mendapatkan uang sebanyak Rp 1,2 juta (Foto: Dok. Sudinsos Jakarta Timur)

"Baru empat hari di Jakarta mereka sudah dapat Rp 1,2 juta. Mereka dari Brebes. Tinggal berpindah-pindah di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur," terangnya.

Diakui Haryanto ini bukan pertama kali pengemis melakukan modus berakting buta. Dia meminta masyarakat tidak mudah tertipu dengan modus yang dilakukan para pengemis.

Kasus ini bukan pertama kali ada pengemis yang bermodus pura-pura butaKasus ini bukan pertama kali ada pengemis yang bermodus pura-pura buta (Foto: Dok. Sudinsos Jakarta Timur)

"Warga bisa salurkan kepeduliannya ke lembaga-lembaga resmi yang terpercaya," imbuh Haryanto.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed