DetikNews
Selasa 19 September 2017, 13:26 WIB

Taman Baca di Pelabuhan Tanjung Priok akan Dijaga 2 Polwan

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Taman Baca di Pelabuhan Tanjung Priok akan Dijaga 2 Polwan Foto: Taman Bacaan Kemala yang diresmikan Bhayangkari Polda Metro Jaya di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Priok (Samsdhuha Wildansyah/detikcom).
Jakarta - Taman Bacaan Kemala yang diresmikan Bhayangkari Polda Metro Jaya di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara akan dijaga 2 polisi wanita. Polwan akan bertugas sebagai operasional dari perpustakaan tersebut.

"Akan kita kelola bersama, Polres Pelabuhan Tanjung Priok bekerja sama dengan Pelni. Untuk operasionalnya kita tugaskan anggota kita sesuai dengan jadwal kapal karena ini tidak selalu buka," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Robertus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/9/2017).

Ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Priok sepi penumpang saat tidak ada kapal yang bersandar. Untuk itu waktu operasional perpustakaan akan melihat waktu saat penumpang ramai.

"Taman baca ini kita dedikasikan untuk calon penumpang kapal jadi kita akan menyesuaikan dengan aktivitas kapal. Jadi setiap kali ada aktivitas kapal secara rutin kita lakukan pelayanan dan pengamanan. Kita tinggal tambahkan 1-2 orang personil polwan untuk mengawasi taman baca ini," kata Robertus.

Bhayangkari Polda Metro Jaya meresmikan Taman Bacaan Kemala di ruang tunggu penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Minat baca warga diharapkan meningkat dengana adanya taman bacaan itu.

"Seperti yang kita ketahui minat baca Indonesia sangatlah rendah. UNESCO menyampaikan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% artinya dari 1.000 orang hanya satu orang rajin membaca sehingga hal ini sangat mempengaruhi indeks pembangunan di Indonesia," ujar Ketua Bhayangkari, Fitri Idham Azis di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/9/2017).
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed