DetikNews
Senin 18 September 2017, 17:46 WIB

PKS Dukung Rencana TNI Gelar Nobar Film G30S/PKI

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PKS Dukung Rencana TNI Gelar Nobar Film G30S/PKI Ketua DPP PKS PKS Mardani Ali Sera (Foto: dok. PKS)
Jakarta - PKS mendukung rencana TNI yang akan menggelar nonton bareng alias nobar film G30S/PKI. Menurut PKS, yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan jajarannya untuk upaya mengingatkan sejarah tahun 1965.

"Sekarang yang dilakukan panglima nonton bareng film G30S/PKI dan PKS akan bikin nobar juga. Biar apa? Oh bukan (untuk agenda) Pemilu 2019. Jangan lupakan sejarah kelam kita," ucap Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di gedung DPR, Jakarta, Senin (18/9/2017).


Menurut Mardani, Gatot tak punya agenda politik dari pemutaran film itu. Mardani menyebut Gatot hanya ingin mengingatkan masyarakat akan bahaya laten PKI.

"Buat saya terlalu naif kalau Panglima yang masih berkuasa sekarang, masih pegang tongkat komando, berpegang politik prakstis. Yang dilakukan Panglima sekarang justru mengingatkan masyarakat bahaya laten PKI," tutur Mardani.

"Kasihanlah Panglima kalau diseret-seret ke urusan politik," imbuh dia.

Sebelumnya, Gatot menyatakan, Mendagri sudah mengizinkan dia memerintahkan seluruh anggotanya menonton film garapan era Orde Baru tersebut. Ia juga mengaku yang memerintahkan jajarannya untuk menggelar nobar.

[Gambas:Video 20detik]


"Iya itu memang perintah saya, mau apa? Yang bisa melarang saya hanya pemerintah," kata Jenderal Gatot saat ditemui seusai ziarah di Makam Bung Karno (MBK), Bendogerit, Blitar, Senin (18/9).
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed