detikNews
Senin 18 September 2017, 16:09 WIB

Polisi Telusuri Sumber Hoax Kegiatan PKI di LBH Jakarta

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Telusuri Sumber Hoax Kegiatan PKI di LBH Jakarta Foto: Irjen Setyo Wasisto (Raja-detikcom)
Jakarta - Polisi menelusuri kabar hoax (berita palsu) mengenai kegiatan PKI yang akhirnya memancing emosi sekelompok massa di depan kantor YLBHI, Jakarta Pusat, dini hari tadi. Polisi melakukan penyelidikan secara digital di dunia maya.

"Kita akan cari karena jejak digital nggak akan hilang yah. Nanti kita teliti, hoax itu banyak sekali di dunia maya," kata Kadiv Polri Humas Irjen Setyo Wasisto di gedung Divisi Humas Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).





Setyo mengatakan tidak ada kegiatan PKI di gedung YLBHI, namun massa bersikeras dengan tudingannya dan melawan aparat kepolisian yang mengamankan lokasi. Hingga akhirnya, kata Setyo, massa melakukan penyerangan terhadap anggota Polri.

"Ini sudah dijelaskan tidak ada kegiatan itu, masih ngotot bahkan melawan Polri dan serang anggota Polri," ujar Setyo.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, sebelumnya, menyebut pengepungan massa di depan kantor LBH Jakarta karena termakan hoax.

"Isu yang berkembang kadang-kadang di medsos hoax, sehingga dijabarkan orang-orang yang menerima informasi sepihak tidak tahu. Berkumpul kemudian berusaha melakukan tindakan-tindakan anarkis," ujar Idham kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Idham memimpin langsung pembubaran massa di depan kantor LBH Jakarta tersebut. Aksi yang berlangsung sejak Minggu (17/9) itu malam bisa dikendalikan polisi pada Senin (18/7) sekitar pukul 02.10 WIB.

Lima polisi terluka dalam kejadian itu akibat dilempari botol, batu, dan benda keras lainnya. Pada pukul 02.00 WIB, massa berhasil dibubarkan setelah polisi menembakkan water cannon.
(aud/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed