DetikNews
Senin 18 September 2017, 15:18 WIB

Eggi Sudjana Juga Gugat Perppu Ormas

Bisma Alief Laksana - detikNews
Eggi Sudjana Juga Gugat Perppu Ormas Eggi Sudjana (ari/detikcom)
Jakarta - Advokat Eggi Sudjana juga menggugat Perppu 2/2017 tentang Ormas ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, Perppu Ormas memiliki konsekuensi yang sangat besar bila tetap diberlakukan.

"Kalau tetap Perppu tetap berlaku, berarti harus membubarkan ajaran lain yang bertentangan dengan Pancasila, selain Islam," kata Eggi dalam persidangan di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Eggi juga mengatakan dirinya tidak meragukan isi Perppu Ormas karena landasannya adalah Pancasila. Namun dia berargumen sila pertama dalam Pancasila, yakni 'Ketuhanan Yang Maha Esa', hanya ada pada ajaran Islam.

"Kalau tetap diberlakukan akan mengganggu agama lain, karena harus dibubarkan juga. Pasti itu bertentangan dengan sila pertama. Ini akan mengganggu persatuan Indonesia, kalau pemerintah mau konsisten Perppu diberlakukan," tegas Eggi.

Menurutnya, kebinekaan Indonesia bisa terganggu bila Perppu Ormas tetap berlaku. Karena itu, Eggi ingin MK menolak berlakunya Perppu Ormas.

"Kalau diberlakukan, kami minta konsisten, bubarkan yang bertentangan dengan Pancasila. Tidak ada ajaran lain selain Islam yang Berketuhanan Yang Maha Esa," ucap Eggi.

"Kita bukan menentang pemerintah, tapi mendukung pemerintah menjalankan UUD yang benar. Maka itu, demi rasa persatuan bangsa Indonesia, dengan hormat Yang Mulia tidak mengabulkan berlakunya Perppu. Kalau berlaku, artinya harus membubarkan ajaran lain yang bertentangan dengan Pancasila, selain Islam," tuturnya.

Mendengar argumen dari Eggi, hakim konstitusi Anwar Usman mengatakan argumen tersebut akan dimasukkan ke berita acara persidangan. Sidang lanjutan akan digelar pada 2 Oktober 2017 bersama gugatan Perppu Ormas lain, termasuk HTI.

"Sidang selanjutnya pada tanggal 2 Oktober 2017 bersama dengan gugatan lain," ujar Anwar.
(bis/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed