DetikNews
Senin 18 September 2017, 14:31 WIB

BKSDA Aceh Selamatkan Elang Paria yang Ditabrak Speedboat

Agus Setyadi - detikNews
BKSDA Aceh Selamatkan Elang Paria yang Ditabrak Speedboat Elang paria diselamatkan BKSDA di Aceh (Dok BKSDA Aceh)
Banda Aceh - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyelamatkan seekor elang paria (Milvus migrans) yang mengalami patah kaki akibat ditabrak speedboat. Satwa dilindungi tersebut selanjutnya diboyong ke Banda Aceh untuk dirawat.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan elang paria ini dievakuasi tim BKSDA Aceh Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam dari Danau Bunaran, Kecamatan Kuta Baharu, Aceh Singkil. Satwa liar berjenis kelamin jantan ini diperkirakan berusia tiga tahun.

"Elang yang berhasil dievakuasi dalam kondisi hidup, hanya pada kondisi kaki sebelah kanan dalam keadaan patah," kata Sapto kepada wartawan, Senin (18/9/2017).

Elang paria sering berburu ikan. Diduga, saat berburu ikan ini, si elang terbang rendah dan tertabrak speedboat.

Menurut informasi yang didapat pihaknya, kata Sapto, kondisi kaki elang ini akibat berbenturan dengan speedboat saat pertama kali ditemukan. Selain itu, kondisi bulu pada bagian sayap elang telah digunting oleh warga yang menemukannya. Proses evakuasi elang ini dilakukan pada Rabu (13/9) lalu.

"Saat ini satwa elang tersebut sudah dievakuasi ke kantor Balai KSDA Aceh di Banda Aceh untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat alaminya," ungkap Sapto.
(fay/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed