DetikNews
Minggu 17 September 2017, 01:00 WIB

Sandiaga Janji Permudah Izin Pelaku Usaha Kopi

Yulida Medistiara - detikNews
Sandiaga Janji Permudah Izin Pelaku Usaha Kopi Sandiaga Uno saat mendatangi launching gerakan OK OCE untuk mendukung Jakarta Coffee Capital (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mengatakan akan mempermudah perizinan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kopi. Hal itu karena selama ini banyak pelaku UMKM yang sulit mendapat izin berusaha.

Hal itu dikatakan Sandiaga saat mendatangi launching gerakan OK OCE untuk mendukung Jakarta Coffee Capital. Konsep Jakarta Coffee Capital itu sebenarnya berasal dari banyaknya peluang usaha kopi di Jakarta. Ia juga menyebut ada banyak beragam jenis kopi di Indonesia sehingga bisa dijadikan peluang usaha UMKM.

"Ini satu gerakan dan partisipasi yang baik dari komunitas pecinta kopi dari hulu dan hilir. Ini dijadikan niat untuk menjadikan Jakarta kopi dunia Jakarta Coffee Capital dan juga menyentuh dari hulu ke hilir sehingga nilai tambah dari industri kopi yang sekarang lagi booming ini dimanfaatkan untuk penciptaan lapangan khusus DKI," kata Sandiaga di Morningville Cafe, Jakarta Selatan, Sabtu (16/9/2017) malam.


Ia mengatakan nantinya pelaku usaha bisa mendapatkan pelatihan dari program OK OCE jika ingin bergabung dan mendirikan usaha berbasis kopi. Ia berjanji saat memimpin Jakarta akan mempermudah pelaku usaha untuk membuka binsis.

"UKM yang tergabung gerakan OK OCE Ini gerakan yang baik kami mengapresiasinya. Salah satu keluhan yang dimunculkan adalah Jakarta bisa memberikan kemudahan perizinan untuk memastikan bahwa teman-teman UMKM yang di bidang kopi ini bisa mendapat sebuah kebijakan yang memudahkan investasi," ujarnya.

Dalam konsep Jakarta Coffee Capital ini akan ada banyak UMKM yang bisa membuat brand tersendiri. Selain itu Sandiaga juga mendorong Bank DKI memberikan kemudahan finansial kepada para pelaku usaha.


"Nanti Bank DKI dan pelaku UMKM kerja sama bussiness to bussiness," kata Sandi.

Sementara itu, perintis ide Jakarta Coffee Capital, Bambang Elf mengatakan tujuannya untuk meminta kemudahan perizinan untuk pelaku usaha UMKM. Sebab ada pelaku usaha yang lama sekali mendapatkan izin.

"Ini sebuah gerakan untuk komunitas meminta bantuan untuk membuka peluang lebih lebar membuka akses di bidang finansial dan perizinan. Di UMKM ini kadang terhambat dibidang perizinan mudah-mudahan dengan adanya satu visi Jakarta Coffee Capital bisa sama. Siapapun bisa menjadi UKM," kata Bambang.
(yld/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed