PDIP: Kapolda Kaltim Daftar Jadi Cagub di Pilkada 2018

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 16 Sep 2017 11:08 WIB
Ilustrasi: Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin dan jajarannya saat rilis kasus pasutri penilap duit dealer. (Dok. Polda Kaltim)
Jakarta - PDIP menyatakan Kepala Polda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin sudah mendaftarkan diri ke pihaknya untuk dicalonkan di Pilgub Kalimantan Timur 2018. Safaruddin akan bersaing dengan kader PDIP.

"Dalam proses pemetaan politik dan juga pendaftaran yang dilakukan DPP, kami buka peluang Warga Negara Indonesia untuk mendaftar. Salah satu yang mendaftar adalah Irjen Pol Safaruddin," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada detikcom, Sabtu (16/9/2017).

Saat ini uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertest) sudah berjalan di berbagai daerah, kecuali Kalimantan Tengah yang belum memulainya. Untuk Kalimantan Timur, Safaruddin bakal bersaing dengan anggota DPR Fraksi PDIP dalam melewati proses menuju pencalonan kepala daerah. Anggota Fraksi PDIP itu adalah Awang Ferdian Hidayat, putra dari Gubernur Awang Faroek Ishak.

"Sebagai partai, kita akan mendorong kader internal untuk tampil. Tapi kita lihat pemetaan politik dan hasil survei," kata Hasto.

Peluang Safaruddin bakal tergantung dengan catatan rekam jejaknya, kualitas kepemimpinan, ada kemampuan menyelesaikan masalah. Selain Safaruddin, kalangan eksternal PDIP yang mendatar menjadi calon kepala daerah adalah Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Bila saja Polri dan TNI aktif itu memasuki masa kampanye, maka mereka harus menanggalkan statusnya sebagai tentara atau polisi. Sampai saat ini, detikcom belum mendapatkan konfirmasi dari Safaruddin terkait kepastian dirinya mendaftar ke PDIP ini.

(dnu/fdn)