DetikNews
Kamis 14 September 2017, 21:04 WIB

Menpan RB Harap Kampus Pelayaran Ini Tak Cetak Pembantu di LN

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Menpan RB Harap Kampus Pelayaran Ini Tak Cetak Pembantu di LN Menpan RB Asman Abnur (M Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur meninjau kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di wilayah Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kamis (14/9/2017), guna melihat langsung proses pendidikan dan perlengkapan di kampus pelayaran terbesar di bagian timur Indonesia, yang dikelola Kementerian Perhubungan.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub Djoko Sasono ikut mendampingi, Direktur PIP Makassar dan Direktur Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar Agus Susanto, melihat langsung ruang simulasi bridge yang menyerupai ruang kemudi kapal laut.

Selain itu, Asman juga berdialog dengan para taruna jurusan Teknika di ruang simulasi steam turbin. Asman menguji kemampuan taruna pelayaran mengoperasikan mesin kapal.

Menpan RB Harap Kampus Pelayaran Ini Tak Cetak Pembantu di LNFoto: Menpan RB Asman Abnur (M Nur Abdurrahman/detikcom)

"Kami berharap pendidikan kejuruan mengeluarkan lulusan berdasarkan keahlian, mereka tidak lagi jadi pembantu di luar negeri (LN), kita berupaya mendorong pendidikan yang dilakukan kementerian seperti Perhubungan dan Perindustrian, agar mencetak sumber daya yang andal dan mandiri," ujar Asman.

Asman menambahkan, keinginan pemerintah memajukan sektor pendidikan pelayaran di Makassar yang berstandar internasional menjadi pusat pendidikan pelayaran di bagian timur Indonesia. Termasuk pula membangun Lembaga Administrasi Negara di bagian timur seperti di Ambon dan Papua, sehingga Aparatur Sipil Negara tidak lagi mengikuti Diklat Kepemimpinan tahap II di Jawa dan Sumatera.

"Seperti kampus PIP Makassar yang berstandar Internasional yang sudah berstatus Badan Layanan Umum, mampu mengelola keuangan dan rekrutmen pegawai secara mandiri, kita dorong menjadi pusat pendidikan pelayaran bagi generasi muda di Indonesia timur," pungkas Asman.

Usai meninjau kampus PIP, Asman dan rombongannya meninjau kampus ATKP Makassar untuk melihat pesawat latih para taruna ATKP yang lulusannya diharapkan menjadi tenaga andal di bidang penerbangan seperti diterima di perusahaan navigasi nasional, Airnav Indonesia dan maskapai-maskapai lainnya.


(mna/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed