DetikNews
Kamis 14 September 2017, 19:53 WIB

Saat Najwa Dampingi Jokowi Keliling Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Saat Najwa Dampingi Jokowi Keliling Perpustakaan Tertinggi di Dunia Najwa Shihab menemani Presiden Jokowi. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo berada di Perpustakaan Nasional. Seperti biasa, dia ditemani sejumlah pejabat. Ada satu lagi orang yang menemani Jokowi, yakni Najwa Shihab.

Jokowi meresmikan gedung Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9/2017). Najwa Shihab hadir sebagai Duta Baca Indonesia.
Saat Najwa Dampingi Jokowi Keliling Perpustakaan Tertinggi di DuniaNajwa Shihab ada di dekat Presiden Jokowi. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Mantan presenter televisi itu terlihat mengenakan baju putih beraksen batik. Dia juga ada di antara para menteri, yakni Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi menyusuri bagian-bagian di perpustakaan ini, termasuk mengunjungi aktivitas para siswa penyandang tunanetra yang sedang membaca huruf Braile. Di belakang Jokowi, ada Najwa Shihab juga.

Saat Najwa Dampingi Jokowi Keliling Perpustakaan Tertinggi di DuniaNajwa Shihab ada di dekat Presiden Jokowi (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Perpustakaan ini disebut Jokowi sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Gedung 27 lantai ini berdiri di atas lahan 11.975 meter persegi. Najwa Shihab turut menemani Jokowi melihat-lihat aktivitas di dalam gedung ini.

Najwa Shihab menjadi Duta Baca Indonesia sejak April 2016. Diberitakan detikcom pada 11 Agustus 2016, Najwa mengaku jatuh cinta pada buku sejak belum mampu membaca. Sebab, kala itu, setiap malam ibunya membacakan berbagai macam dongeng dari buku.
Saat Najwa Dampingi Jokowi Keliling Perpustakaan Tertinggi di DuniaNajwa Shihab ada di dekat Presiden Jokowi (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Mengemban amanah sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa awalnya mengaku agak ketakutan. Sebab, dia tahu minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, bahkan terendah di Asia. Namun lambat laun, setelah berkeliling Indonesia dan bertemu dengan orang-orang yang selalu bersemangat menyalurkan buku bacaan hingga ke pelosok-pelosok daerah, semangatnya timbul kembali.
(dnu/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed