DetikNews
Kamis 14 September 2017, 19:46 WIB

DPR 2 Hari Seleksi Calon Komisioner KIP, Ini Hasilnya

Hary Lukita Wardani - detikNews
DPR 2 Hari Seleksi Calon Komisioner KIP, Ini Hasilnya Hasil seleksi 21 nama calon komisioner KIP di DPR. (Hary Lukita/detikcom)
Jakarta - Komisi I DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 21 calon komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) selama dua hari berturut-turut. Hasilnya, terpilih tujuh calon anggota KIP Pusat.

Seleksi digelar di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada 13-14 September 2017. Sebanyak 21 nama tersebut diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Komisi I DPR.

"Dari jawaban-jawabannya, cukup baik. Rata-rata mereka menguasai ya, kemudian kita pilih menjadi tujuh orang," ujar Ketua Komisi I Abdul Kharis seusai fit and proper test.

Abdul menjelaskan pertimbangan memilih tujuh calon tersebut untuk melihat integritasnya. Ia melihat, dari 21 nama, semua bisa menjawab pertanyaan. Pemilihan calon anggota tersebut menggunakan cara voting.

"Dari integritas, kapabilitas, dan dari pengalaman atau experience yang mereka miliki. Dari 21 uji kepatutan, semua mampu menjawab pertanyaan dari anggota, setelah itu kita lakukan," kata Abdul.

Berikut 7 nama calon anggota KIP:

1. Arif Adi Kuswardono (Masyarakat): 54 suara
2. Hendra J Kede (Masyarakat): 54 suara
3. Cecep Suryadi (Masyarakat): 48 suara
4. Gede Narayana (Masyarakat): 39 suara
5. Wafa Patria Umma (Masyarakat): 32 suara
6. Romanus Ndau (Masyarakat): 31 suara
7. Tulus Subardjono (Pemerintah) 29 suara
(lkw/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed