DetikNews
Kamis 14 September 2017, 18:17 WIB

Jokowi Minta Ada Alokasi Dana Desa untuk Perpustakaan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Minta Ada Alokasi Dana Desa untuk Perpustakaan Foto: Jokowi Tinjau Perpustakaan Nasional (Sekretariat Kepresidenan)
Jakarta - Presiden Jokowi baru saja meresmikan gedung Perpustakaan Nasional yang baru direnovasi. Perpustakaan ini diklaim sebagai yang tertinggi di dunia.

Selain bangga akan megahnya gedung Perpustakaan Nasional, Jokowi juga berharap minat baca masyarakat sampai tingkat desa pun tinggi. Sehingga dia ingin ada alokasi dana desa untuk membuat perpustakaan.


"Mengenai dana desa untuk perpustakaan, akan saya urus masalah ini," kata Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Sebelumnya Jokowi juga pernah mencanangkan program gratis mengirim buku di Kantor Pos pada tanggal 17 tiap bulannya. Program itu juga diharapkan bisa menumbuhkan minat baca.


Mendikbud Muhadjir Effendy kemudian menyatakan, memang ada alokasi dana desa untuk pendidikan. Tetapi belum diwajibkan untuk dibuat perpustakaan.

"Di dalam alokasi dana desa memang ada dana untuk pendidikan. Bisa didefinisikan untuk perpustakaan desa, penyelenggaraan PAUD dan saya pernah berdiskusi dengan Mendes bagaimana pemanfaatan alokasi dana itu," ungkap Muhadjir.


(bpn/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed