DetikNews
Kamis 14 September 2017, 17:14 WIB

Pilkada Serentak 2018

Peta Politik Jelang Pilgub Sumsel Masih Sangat Cair

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Peta Politik Jelang Pilgub Sumsel Masih Sangat Cair Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Tak lama lagi tahapan Pilkada Serentak 2018 bakal dimulai dengan dibukanya pendaftaran cagub/cawagub. Namun demikian peta politik di sejumlah daerah masih sangat cair, meskipun tarik menariknya cukup alot.

Bakal cagub Sumsel yang sudah mendapatkan rekomendasi dari PAN, Herman Deru, berbagi seputar peta politik saat ini. Untuk kandidat cagub saat ini yang berada di tangga survei atas selain Herman Deru yang merupakan mantan Bupati Oku Timur, ada Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramanda N Kiemas, Wakil Gubernur incumbent Ishak Mekki, mantan Gubernur Syahrial Oesman, sampai Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

Saat ini para cagub sudah mendaftarkan diri di penjaringan cagub dari semua parpol. Herman Deru misalnya, sudah mendaftar di semua parpol selain PKS.

"Sumsel masih cair, karena belum ada parpol yang merekomendasikan calon. Baru saya yang mendapat rekomendasi dari PAN," kata Herman yang jadi kompetitor Alex Noerdin di Pilgub Sumsel 10 tahun silam, saat berbincang dengan wartawan, Kamis (14/9/2017).

"PAN punya 6 kursi, masih perlu satu partai besar atau dua partai lagi. Minimal pengajuan 15 kursi. Jadi kayaknya sih maksimum empat pasang. Independen sudah tak mungkin lagi," kata Herman.

Di antara para kandidat, Herman menuturkan tak satupun lemah. Ia tak mau lagi gagal, jadi memperlakukan para kandidat sama sebagai lawan berat.

"Semua saya anggap rival yang berat, yang saya inginkan bersaing secara sehat," terangnya.

Lantas bagaimana dengan kandidat cawagubnya? Herman menuturkan ada beberapa nama yang saat ini merapat. Namun demikian ia cocok dengan sosok Wali Kota Pangkal Pinang M Irwansyah yang juga sudah mendaftarkan diri ke sejumlah parpol.

"Secara pribadi saya tertarik dengan pribadinya Pak Irwansyah. Tinggal upaya Pak Wawan nih gimana partainya. Karena menentukan wakil itu tetap harus ada persetujuan parpol pengusung. Karena tak ada satupun parpol bisa mengusung, jadi harus koalisi," katanya.

Lantas kapan dinamika Pilgub Sumsel yang masih cair ini bakal mengerucut?

"Yang jelas parpol besar belum ada yang mengeluarkan rekomendasi. Jadi kita lihat saja, kalau di survei terakhir alhamdulillah saya masih dapat 38-40%," pungkasnya.


(van/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed